Nicke Widyawati Resmi Jadi Dirut Pertamina, Ini Targetnya

Nicke Widyawati Resmi Jadi Dirut Pertamina, Ini Targetnya
Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Foto: dokumen JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina Persero punya nakhoda baru. Adalah Nicke Widyawati yang baru saja dilantik menjadi direktur utama definitif di perusahaan energi pelat merah itu.

Sebenarnya kabar tentang Nicke bakal menjadi dirut Pertamina sudah beredar lama. Namun, selalu ada bantahan ketika kabar itu beredar.

Sebelumnya Nicke sebatas menjadi pelaksana tugas (Plt) dirut Pertamina. Dia menjadi Plt dirut Pertamina untuk mengisi jabatan yang kosong sepeninggal Elia Massa Manik pada April 2018.

Namun, kini kabar itu sudah bukan teka-teki lagi karena Presiden Joko Widodo memilih Nicke menjadi dirut Pertamina. Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) itu sudah punya target baser bagi BUMN yang dipimpinnya.

"Kalau di sisi hulu harus tambah proyek dulu supaya impor menurun, yang di sisi kilang harus tambah kapasitas supaya impor dari produk kilang itu bisa diturunkan, kan kalau yang namanya mandiri kita bisa menyediakan semuanya dari domestik," ujarnya di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (29/8).

Dari sisi hilir, lanjut Nicke, Pertamina di bawah komandonya akan menciptakan energi yang ramah lingkungan serta terjangkau bagi masyarakat. "Artinya kalau WK (wilayah kerja) baru itu merupakan strategi pertama bagaimana meningkatkan produksi hulu dengan WK," terangnya.

Perempuan yang sudah malang melintang di sejumlah BUMN itu menambahkan, masuknya Pertamina dalam pengelolaan Blok Rokan pada 2021 mendatang sebagai aksi korporasi untuk mendorong produksi hulu migas. Menurutnya, kontribusi dari blok migas di Riau itu akan mendorong kemandirian energi.

"Kalau kita dapat dengan Rokan masuk di 2021, maka 60 persen pasokan hulu Indonesia itu Pertamina saja. Jadi sebetulnya hasil yang didapat dengan kita mendapatkan WK baru untuk meningkatkan porsi Pertamina di dalam total produksi nasional di hulu," tandasnya.(hap/JPC)

Presiden Joko Widodo telah memilih Nicke Widyawati sebagai direktur utama definitif di PT Pertamina Persero. Sebelumnya Nicke sebatas Plt direktur utama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News