Nicke Widyawati Tegaskan Komitmen Pertamina Hadapi Tantangan Trilema Energi

Nicke Widyawati Tegaskan Komitmen Pertamina Hadapi Tantangan Trilema Energi
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati saat mengisi Kuliah Umum di Universitas Napoli I'Orientale pada Rabu (18/10). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, ITALIA - Pertamina berkomitmen mendukung penuh pemerintah Indonesia dan global dalam menghadapi tantangan di bidang energi saat ini.

Penegasan itu disampaikan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati saat menyampaikan kuliah umum di University of Naples L'Orientale, Napoli, Italia, Rabu (18/10).

Nicke juga menyampaikan Pertamina siap berkolaborasi dalam menghadapi isu transisi energi, dekarbonisasi dan trilema energi.

“Saat ini roadmap Pertamina menggunakan strategi mendekarbonisasi bisnis karbon positif, mengembangkan bisnis karbon netral, dan memberikan kompensasi kepada bisnis karbon negatif yang akan menghasilkan Net Zero Emisi,” kata Nicke Widyawati.

Terkait dengan ketahanan energi, Pertamina akan terus mendukung target pemerintah Indonesia untuk meningkatkan produksi migas.

Produksi minyak ditargetkan meningkat menjadi 1 juta barel per hari dan gas meningkat sebesar 12 BSCFD.

Pertamina juga memastikan ketersediaan, aksesibilitas, keterjangkauan, akseptabilitas, dan keberlanjutan energi bagi masyarakat.

Salah satunya dengan menggulirkan program yang memudahkan masyarakat dalam mengakses energi, antara lain program One Village One Outlet (OVOO), Pertashop, dan Program BBM Satu Harga di daerah terpencil.

Nicke Widyawati menegaskan komitmen Pertamina menghadapi tantangan trilema energi saat mengisi kuliah umum di Universitas Napoli I'Orientale

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News