Sabtu, 23 Juni 2018 – 01:49 WIB

Nicole Kidman Raih Penghargaan Aktris Terbaik Golden Globe 2018

Senin, 08 Januari 2018 – 22:00 WIB
 Nicole Kidman Raih Penghargaan Aktris Terbaik Golden Globe 2018 - JPNN.COM

Seiring dengan terkuaknya skandal pelecehan seksual oleh produser Hollywood Harvey Weinstein dan gerakan #MeToo terus mengguncang Hollywood, ajang Golden Globes ke-75 - upacara pertama dari rangkaian musim penghargaan di dunia layar perak Hollywood – banyak berfokus pada pemberdayaan perempuan dan korban pelecehan seksual.

Tema pada penyelenggaraan gala Golden Globe Award Senin malam (8/1/2018) itu mulai ditampilkan sejak awal ketika pembawa acara pertama, Seth Meyers, membuka upacara dengan saapaan: "Good evening ladies and remaining gentlemen" [Selamat malam hadirin wanita dan laki-laki baik hati yang tersisa].

"Time's up" (waktunya sudah habis) menjadi slogan yang berulang-ulang diucapkan sepanjang malam, yang menekankan pesan bahwa pria tidak lagi mendominasi dunia hiburan Hollywood.

Sebagaimana disampaikan oleh Frances McDormand, yang memenangi penghargaan aktris terbaik dalam kategori film drama: "Ini adalah pergeseran tektonik dalam struktur kekuatan industri kita."

Drama seri tentang KDRT menang besar

Aktris Nicole Kidman dan Reese Witherspoon dalam serial TV 'Big Little Lies'
Aktris Nicole Kidman dan Reese Witherspoon dalam serial TV 'Big Little Lies'

HBO

Fokus pada wanita juga tercermin dalam deretan pemenang besar pada Golden Globe Senin malam (8/1/2018) ini.

Big Little Lies - serial TV yang merupakan hasil adaptasi dari buku terlaris karya Liane Moriarty – berhasil memenangi empat penghargaan untuk serial TV terbatas terbaik atau film TV, aktris terbaik di serial TV, aktor pendukung TV terbaik dan aktris pendukung terbaik.

Nicole Kidman membawa pulang penghargaan untuk kategori aktris terbaik atas perannya sebagai Celeste Wright yang terjebak dalam hubungan yang penuh kekerasan oleh suami yang mendominasi.

"Karakter yang saya mainkan ini merupakan pusat pembicaraan kita sekarang - pelecehan," kata Kidman dalam pidato penerimaan piala-nya.

Pemain pendamping Nicole Kidman, Alexander Skarsgard, juga berhasil meraih penghargaan untuk kategori aktor pendukung TV terbaik atas perannya sebagai suami kasar,  Perry Wright, dan memastikan untuk mengucapkan terima kasih kepada para aktris wanita pendampingnya yang ‘luar biasa, berbakat’.

Laura Dern juga membawa pulang penghargaan untuk aktris pendukung terbaik untuk perannya dalam serial TV  ‘Big Little Lies’ sebagai Renata Klein.

"Saya mendesak kita semua untuk tidak hanya mendukung para penyintas [kekerasan dalam rumah tangga – KDRT] dan saksi ... tapi untuk mempromosikan dan memulihkan keadilan," katanya.

"Semoga kita mengajarkan anak-anak kita bahwa berbicara tanpa rasa takut akan balasan akan menjadi pemandu arah kita yang baru."

Saat serial ‘Big Little Lies’ ini memenangi serial TV terbatas atau film TV terbaik, pencipta serial tersebut, Reese Witherspoon, mendedikasikan pidato penerimaannya kepada korban pelecehan.

Penghargaan prestasi seumur hidup untuk Oprah Winfrey

Oprah Winfrey dianugerahi Penghargaan Cecil B DeMille untuk pencapaian seumur hidup dalam ajang Golden Globe Award ke-75 ini.

Oprah Winfrey di Golden Globes
Oprah Winfrey menerima tepuk tangan 'standing ovation' yang panjang dari hadiri atas penghargaan seumur hidup yang diterimanya.

AP: NBC/Paul Drinkwater

Foreign Press Hollywood mengakui kontribusi besar Winfrey terhadap seni, dari acara talk shownya yang telah menjadi acara dengan peringkat tertinggi dalam sejarah, peran aktingnya yang pedih dalam film seperti The Color Purple, Selma, The Immortal Life of Henrietta Lacks, Oprah Winfrey Network dan klub buku bernama dirinya yang didirikannya.

Seluruh bintang yang hadir dalam acara itu memberi tepuk tangan meriah saat Oprah Winfrey  menerima penghargaan dari aktris Reese Witherspoon.

Dia menceritakan bagaimana, sebagai seorang gadis muda pada tahun 1964, dia menyaksikan Sydney Poitier menjadi orang kulit hitam pertama yang menerima penghargaan tersebut untuk kategori aktor terbaik.

"Saya tidak lupa bahwa saat ini ada beberapa gadis kecil yang menonton saat saya menjadi wanita kulit hitam pertama yang diberi penghargaan yang sama," kata Winfrey.

Winfrey mengatakan bahwa pada masa-masa ini, berbicara yang sebenarnya adalah ‘alat paling ampuh yang kita miliki’.

"Saya terinspirasi oleh semua wanita yang merasa cukup kuat dan cukup berdaya untuk berbicara dan berbagi cerita.”

"Tahun ini, kita menjadi bagian dari kisah itu."

"Hari baru sudah terbentang di angkasa" kata Oprah Winfrey
Pesan yang kuat disampaikan Oprah Winfrey saat menerima penghargaan seumur hidup Cecil B. De Mille dalam ajang Golden Globe 2018.

ABC News

Kepada hadirin yang memberikan tepuk tangan sambil berdiri, Winfrey berbicara kepada semua gadis yang menonton.

"Hari baru sudah menyambut kita," katanya.

"Dan ketika hari baru itu akhirnya tiba, itu akan terjadi karena banyak wanita luar biasa, banyak di antaranya ada di sini di ruangan ini malam ini, dan beberapa orang pria yang fenomenal, yang telah berjuang keras untuk memastikan mereka menjadi pemimpin yang membawa kita sampai pada waktu ketika tidak ada orang yang harus mengatakan 'Me too’ (aku juga) lagi."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

 
SHARES
Komentar