Nilai Perdagangan Indonesia dan Vietnam Terus Meningkat

Nilai Perdagangan Indonesia dan Vietnam Terus Meningkat
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana disambut dalam upacara militer saat tiba di Bandar Udara Internasional Noi Bai, Hanoi, Vietnam, Selasa (11/9). Foto: Setpres RI

jpnn.com, HANOI - Indonesia dan Vietnam berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang. Salah satunya kerja sama di sektor perdagangan.

Tercatat, tren perdagangan kedua negara yang meningkat beberapa waktu lalu akan terus digali potensinya dan dikembangkan untuk kemajuan bersama.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pernyataan pers bersama usai bertemu dengan Presiden Vietnam Tr?n ??i Quang di Istana Kepresidenan Vietnam, Hanoi pada Selasa (11/9).

“Dalam tiga tahun belakangan ini tren perdagangan kita cukup baik dan mencapai nilai USD6,8 miliar. Kita ingin nantinya pada tahun 2020 perdagangan kita bisa mencapai USD10 miliar," ujar Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi.

Salah satu upaya yang hendak dilakukan kedua negara ialah menghilangkan hambatan-hambatan perdagangan yang saat ini masih terjadi. Termasuk ekspor produk otomotif Indonesia.

“Saya tadi telah meminta perhatian Presiden Tr?n ??i Quang agar hambatan-hambatan perdagangan dapat dihilangkan, termasuk produk-produk otomotif Indonesia," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, suami Iriana juga menyampaikan keinginan para investor Indonesia untuk mengembangkan investasinya di Vietnam. Untuk diketahui, investor Indonesia merupakan salah satu investor tertua dan pertama yang ada di negara itu.

“Tadi saya menitipkan kepada Presiden Tr?n ??i Quang untuk dapat melindungi investor Indonesia dan memberikan perlakuan yang adil dan baik," imbuhnya.

Indonesia dan Vietnam berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang. Salah satunya kerja sama di sektor perdagangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News