Nilai Tukar Rupiah Mengkhawatirkan, Bagaimana Posisi Cadangan Devisa Indonesia?

Nilai Tukar Rupiah Mengkhawatirkan, Bagaimana Posisi Cadangan Devisa Indonesia?
BI mencatat nilai tukar rupiah melemah pada Jumat (6/10) pagi di level Rp 15.615 per USD dari sebelumnya Rp 15.610 per USD pada Kamis (5/10). Cadangan devisa? Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat nilai tukar rupiah melemah pada Jumat (6/10) pagi di level Rp 15.615 per USD dari sebelumnya Rp 15.610 per USD pada penutupan perdagangan Kamis (5/10).

Lalu bagaimana posisi cadangan devisa Indonesia?

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan bahwa posisi cadangan devisa Indonesia pada September 2023 mengalami penurunan menjadi sebesar USD 134,9 miliar.

"Cadangan devisa menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir Agustus 2023 sebesar 137,1 miliar dolar AS," ujar Erwin dalam keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Jumat.

Erwin menjelaskan penurunan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi pembayaran utang luar negeri pemerintah dan kebutuhan untuk stabilisasi nilai tukar rupiah.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi dampak rambatan peningkatan ketidakpastian pasar global.

"Posisi cadangan devisa setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor," ungkap Erwin.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa ini mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

BI mencatat nilai tukar rupiah melemah pada Jumat (6/10) pagi di level Rp 15.615 per USD dari sebelumnya Rp 15.610 per USD pada Kamis (5/10). Cadangan devisa?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News