Nomor HP jadi Nomor Rekening

Nomor HP jadi Nomor Rekening
Nomor HP jadi Nomor Rekening
JAKARTA--Terobosan besar dalam industri perbankan tengah disiapkan. Itu akan mengubah wajah industri perbankan di Indonesia.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (persero) Zulkifli Zaini mengatakan, Bank Mandiri bersama International Finance Corporation (IFC) tengah menyiapkan konsep branchless bank atau bank tanpa kantor cabang. Caranya memanfaatkan perangkat telepon seluler atau handphone (HP).

"Jadi, nanti nomor HP sekaligus bisa menjadi nomor rekening," ujarnya dalam seminar The International Financial Inclusion 2013 di Jakarta, Selasa (26/2).

Menurut Zulkifli, konsep branchless bank melalui pemanfaatan HP merupakan respons atas masih banyaknya jumlah masyarakat di Indonesia yang belum tersentuh jasa perbankan (unbanked people). Zulkifli menggambarkan, setelah 100 tahun industri perbankan ada di Indonesia, jumlah nasabah bank hingga saat ini baru sekitar 60 juta nasabah. Sementara itu, dalam waktu kurang dari 20 tahun, industri telekomunikasi sudah bisa menggaet lebih dari 150 juta pengguna HP.

JAKARTA--Terobosan besar dalam industri perbankan tengah disiapkan. Itu akan mengubah wajah industri perbankan di Indonesia. Direktur Utama PT Bank

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News