Nono Sampono: TNI Harus Siap Hadapi Kompetisi Global

Nono Sampono: TNI Harus Siap Hadapi Kompetisi Global
Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono saat mengujungi markas Lantamal IX di Ambon, Kamis (09/09). Foto: dok: humas DPD RI.

jpnn.com, AMBON - Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono menginggatkan TNI harus mengikuti perkembangan teknologi yang sedang pesat saat ini.

Hal itu untuk mencegah kompetisi dan perebutan pengaruh negara-negara besar yang menempatkan Indonesia pada pusat kepentingan global.

Jika tidak siap dan waspada Indonesia bisa saja tergilas dalam kompetisi global yang tidak mengenal batas dan waktu.

“Perkembangan lingkungan strategis dalam era kompetisi global berdampak pada tingginya dinamika politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan, keamanan, geopolitik, dan geostrategi global,” ujar Nono Sampono, dalam kunjungan ke Lantamal IX di Ambon, Kamis (09/09).

Dia menambahkan, hal tersebut bisa menghadirkan ancaman militer maupun non militer.

Nono mengambil beberapa contoh kasus global, salah satunya sangat berpengaruh terhadap hubungan antarnegara, yakni persaingan dagang antara Amerika Serikat dengan China yang terus meluas ke beberapa sektor dan mengancam perekonomian global.

Nono menyampaikan, dinamika perubahan tersebut, menuntut TNI untuk mentransformasi diri menjadi suatu organisasi yang profesional, modern, dan tangguh.

“Prajurit dan PNS TNI dituntut menyikapi secara cerdas terhadap perkembangan lingkungan strategis, upaya adu domba, provokasi, penyalahgunaan media sosial dan serangan siber dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju dan modern," ujar komandan Detasemen Jala Mengkara (Denjaka) 1988–1993 itu

Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono menginggatkan TNI harus mengikuti perkembangan teknologi yang sedang pesat saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News