Normalisasi Kali Terganjal Program Rusun

Normalisasi Kali Terganjal Program Rusun
Normalisasi Kali Terganjal Program Rusun

jpnn.com - PENYELESAIAN delapan blok (tower) Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Daan Mogot, Jakarta Barat meleset dari prediksi. Hingga batas waktu 2014 berakhir, baru 6 blok yang dipastikan rampung. Sementara dua blok lainnya baru tuntas pada Februari 2015 mendatang.

Tiga blok yang ada sudah dihuni warga gusuran Kali Grogol-Palmerah, Kali Mookervart-Rawa Buaya, dan bantaran rel Stasiun Pos Duri-Tambora. Hal itu dipastikan Wali Kota Jakarta Barat, Anas Efendi saat meninjau lokasi rusunawa yang bertempat di KM 14,5 Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (9/12).

Keterlambatan penyelesaian rusun itu ditengarai sebagai penyebab batalnya penertiban bangunan liar di sejumlah lokasi bantaran kali. Misalnya, bantaran Kali Sekretaris, Semongol, dan Krukut.

Padahal, sebelumnya unit rusun di areal seluas 17 hektar persegi itu ditujukan untuk merelokasi korban gusuran normalisasi kali di Jakarta Barat. "Ada sekitar 136 kepala keluarga (KK) dari hasil penertiban di Kali Grogol, Mookervart, dan bataran rel Stasiun Pos Duri yang sudah menempati tiga tower rusun. Yakni, tower B, C dan D yang telah selesai dibangun terlebih dahulu," terang Anas.

Tak ingin dikatakan menunda-nunda normaliasasi kali, Anas dalam waktu dekat justru mengalihkan penggusuran di wilayah Kedaung Kali Angke, Cengkareng. Menurut dia, penertiban bangunan liar di bantaran Kali Apuran ini terbilang mendesak.

Alasannya, beberapa kawasan yang dilintasi kali tersebut selalu dilanda banjir saat musim hujan. Seperti di Jalan Raya Peternakan dekat Jembatan Genit, Kelurahan Kedaung Kaliangke hingga Cengkareng Drain di Kelurahan Kapuk, kondisi kali sudah menyempit dan kerap membuat banjir.

Sosialisasi penggusuran ratusan bangunan di bantaran Kali Apuran pun sudah disampaikan sebelumnya. Anas memastikan pekan depan upaya penggusuran itu dilaksanakan.

"Minggu depan pasti kami tertibkan, soalnya kami sudah sosialisasikan ke warga pada 4 Desember kemarin dan semua warga tidak ada yang protes," ujar Anas.

PENYELESAIAN delapan blok (tower) Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Daan Mogot, Jakarta Barat meleset dari prediksi. Hingga batas waktu 2014

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News