Nostalgia di Korem Yogyakarta, SBY Berkaca-Kaca

Nostalgia di Korem Yogyakarta, SBY Berkaca-Kaca
PAMITAN DI JOGJA: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menemui wartawan di sela kunjungan nostalgia ke Makorem 072/ Pamungkas, Yogyakarta, Kamis (16/10). Foto: SETIAKY/RADAR JOGJA/JPNN

jpnn.com - JOGJA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kemarin (16/10) sempat bernostalgia di Makorem 072/Pamungkas. SBY memang pernah menjadi Komandan Korem 072/Pamungkas pada tahun 1995 saat masih berpangkat kolonel.

Saat mendatangi Makorem 072/Pamungkas yang berada di sebelah barat Gedung Agung, SBY sempat terharu ketika mendengar puisi yang dibaca Anindya Puspita, 26, dengan judul “Ayahanda Indonesia”. SBY tampak berkaca-kaca. Sesekali kepala negara dua periode ini menarik napas dalam.

Bahkan saat menerima kenang-kenangan wayang dari Anindya dan puisi yang dikliping rapi, SBY tak banyak mengucapkan kata-kata. “Terima kasih semuanya,” tutur SBY didampingi Gubernur DIJ Hamengku Buwono X, Danrem 072/Pamungkas Brigjen Sabrar Fadhilah, Menko Polhukam Djoko Suyanto dan beberapa menteri.

Di Makorem 072/Pamungkas, SBY melihat salah satu fotonya terpampang di pojok kiri bawah dengan tulisan Kolonel (Inf) SB Yudhoyono. Ia seperti ingin menunjukkan fotonya itu kepada rombongan yang mengikuti. Sesaat kemudian, SBY masuk ke beberapa ruangan.

Menurut perwira Korem 072/Pamungkas Letkol (Arh) Ananta Wira, SBY melihat-lihat beberapa ruangan khusus yang pernah menjadi tempat kerjanya. Sekitar setengah jam bernostalgia di Makorem 072/Pamungkas,  SBY langsung menghampiri kerumunan wartawan. “Saya berpesan kepada keluarga besar Korem dan prajurit  untuk menjaga baik Korem ini,” kata SBY.

Ia mengungkapkan, Korem 072/Pamungkas merupakan Korem perjuangan karena mempunyai sejarah masa lalu. “Saya bangga dulu mengemban tugas di sini, sebelum menjadi pasukan pengamanan PBB,” tuturnya.

Dari Makorem 072/Pamungkas, SBY bersama Ibu Ani memilih jalan kaki ke Gedung Agung. Mereka pun menyalami ibu-ibu dan siswa SD yang sengaja me-nantinya di Jalan Reksobayan. Tak pelak, hal itu membuat SBY dikerumuni banyak orang.

“Saya kaget, Ibu Ani mau ber-foto bersama,” tutur salah seorang ibu dengan gembiranya, sembari menunjukkan gambar fotonya bersama Bu Ani di handphone kepada rekannya.(fid/eri/laz/ong/jpnn)

JOGJA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kemarin (16/10) sempat bernostalgia di Makorem 072/Pamungkas. SBY memang pernah menjadi Komandan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News