Novanto Minta Kader Awasi Ketat Penggunaan Dana Desa

Novanto Minta Kader Awasi Ketat Penggunaan Dana Desa
Setya Novanto di acara pelantikan Golkar Sulteng. Foto: Ist

jpnn.com - jpnn.com - Partai Golkar mendukung peningkatan transfer dana ke daerah dan dana desa. Pasalnya, kebijakan tersebut diyakini bakal memperkuat pembangunan daerah.

Menurut Ketua Umum DPP Partai Golkar, Setya Novanto, guna mewujudkan hal itu efektivitas penggunaan dana tersebut harus tepat guna dan tepat sasaran.

"Pada APBN 2017, transfer dana ke daerah mencapai 764,9 triliun, melampaui anggaran Kementerian/Lembaga. Sedangkan dana desa mencapai Rp 60 triliun naik sebesar Rp 20 triliun dari tahun sebelumnya," ujar dia dalam pelantikan pengurus Golkar Sulteng Minggu, (8/1)

Dengan kenaikan anggaran tersebut, Novanto meminta kader-kader Golkar yang menjadi kepala daerah dan anggota DPRD dapat mengoptimalkan transfer dana daerah dan dana desa untuk pembangunan.

"Yang tak kalah penting bagaimana dana tersebut diawasi secara ketat agar tepat sasaran dan tidak ada penyimpangan," lanjutnya.

Novanto menjelaskan, peningkatan dana daerah dan desa merupakan upaya untuk mengurangi ketimpangan pembangunan. Golkar berkomitmen pada tahun 2018 setiap desa mendapatkan alokasi 1 miliar sebagaimana amanat UU Desa.

"Partai Golkar sejak awal punya komitmen untuk memajukan pembangunan desa. Jika desa maju Indonesia akan maju dan sejahtera," jelasnya.

Ketua DPR RI ini juga bilang, fokus pembangunan ke wilayah desa dan pinggiran sangat penting bagi Golkar. Selain untuk mengurangi ketimpangan, hal ini dilakukan juga untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran.

 Partai Golkar mendukung peningkatan transfer dana ke daerah dan dana desa. Pasalnya, kebijakan tersebut diyakini bakal memperkuat pembangunan

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News