Novanto: Pers Harus Terlibat dalam Pembangunan Nasional

Novanto: Pers Harus Terlibat dalam Pembangunan Nasional
Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto. Foto: dokumen JawaPos.Com

jpnn.com - jpnn.com - Ketua DPR RI Setya Novanto berharap seluruh rangkaian agenda Hari Pers Nasional 2017 bisa berjalan dengan baik. Diperlukan sinergi antara panitia penyelenggara dengan pemerintah daerah Maluku. 

"Saya berharap seluruh persiapan dan agenda peringatan Hari Pers Nasional tahun ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai rencana," katanya di Kota Ambon, Maluku, Rabu (8/2).

Novanto juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh insan pers di seluruh Indonesia. Baginya pers telah terlibat dan ikut berkontribusi besar bagi pembangunan nasional.

"Sebagai salah satu pilar demokrasi, pers memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan nasional. Pers adalah urat nadi pembangunan bangsa ini. Untuk itu pers harus terus terlibat dalam proses demokrasi di indonesia serta penyelenggaraan pembangunan nasional demi terciptanya kesejahteraan rakyat. Selamat Hari Pers Nasional 2017," jelas dia.

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini menjelaskan, sebagai negara demokrasi, Indonesia beruntung telah memiliki UU Pers yang mengatur dan menjamin perlindungan bagi segenap insan pers.

Walau begitu, pers juga memiliki kode etik jurnalistik yang mengikat dan menjadi pedoman bagi pelaksanaan fungsi jurnalistiknya.

"Dalam UU 40/1999 tentang Pers pada Pasal 8 dijelaskan, pers mendapat perlindungan hukum dalam melaksanakan profesinya. Meskipun memiliki hak khusus dan dilindungi UU, pers juga tidak boleh berlebihan atau melampaui fungsinya sesuai dengan kode etik yang mengikatnya," kata Novanto.

"Salah satunya, pers tidak punya hak untuk memeriksa, seperti hak memeriksa atau menyidik yang dimiliki aparat penegak hukum," tambahnya.

Dalam perjalanannya, lanjut Novanto, pers Indonesia memiliki sejarah panjang dalam menentukan nasib bangsa.

 Ketua DPR RI Setya Novanto berharap seluruh rangkaian agenda Hari Pers Nasional 2017 bisa berjalan dengan baik. Diperlukan sinergi antara panitia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News