Novanto: Tragedi Rohingya Tak Ada Sangkut Pautnya dengan Agama

Novanto: Tragedi Rohingya Tak Ada Sangkut Pautnya dengan Agama
Ketua DPR Setya Novanto. Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, dunia harus berduka atas tragedi kemanusiaan yang terjadi kepada etnis Rohingya di Myanmar.

"Tragedi ini tidak ada sangkut pautnya dengan masalah agama, melainkan murni konflik multidimensi," kata Novanto, Senin (4/9).

Sebagai bagian dari komunitas internasional, Indonesia telah menunjukan kepedulian terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan komitmen menjaga perdamaian dunia.

"Saya mengapresiasi langkah cepat Presiden Joko Widodo mengirim Menteri Luar Negeri Ibu Retno Marsudi ke Myanmar untuk melakukan berbagai pertemuan dengan para pejabat terkait di Myanmar," ujar Novanto.

DPR  melalui peran diplomasi parlemen juga tidak tinggal diam. DPR akan membawa tragedi kemanusiaan Rohingya ke dalam World Parliamentary Forum 6-7 September di Bali.

"Kami berharap akan ada resolusi bersama dari berbagai negara peserta sidang untuk mengutuk dan meminta Pemerintah Myanmar tak menutup mata," katanya.

Bahkan, tak menutup kemungkinan DPR juga akan membawa masalah ini ke dalam ASEAN Inter Parliamentary Assembly (Majelis Parlemen ASEAN).

Dengan begitu, parlemen dari berbagai negara di kawasan ASEAN memberikan satu suara yang sama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News