NTB Layak Disebut Serambi Madinah

NTB Layak Disebut Serambi Madinah
NTB Layak Disebut Serambi Madinah
MATARAM–Intelektual Muslim Emha Ainun Nadjib mengatakan, NTB layak disebut Serambi Madinah. Alasannya, Islam di daerah ini muamalah dengan wujud kerja sama membangun ekonomi, kebudayaan, dan kesejahteraan.

‘’Mau ditetapkan secara resmi atau tidak. Yang ada dalam pikiranku, yang ada dalam hatiku, Lombok, NTB, gelarnya adalah Serambi Madinah,’’ kata pimpinan group musik Kyai Kanjeng itu.

Menurutnya, Indonesia telah memiliki Aceh sebagai Serambi Makkah. ‘’Lalu Madinahnya mana" Dalam berbagai diskusi saya katakan, Jogjakarta telah gagal menyandang gelar itu. Dan begitu mengingat NTB, saya yakin, daerah ini sungguh pantas menyandang julukan itu,’’ kata lelaki kelahiran Jombang yang kini bermukim di Jogja ini.

Periode Islam di Makkah, kata Emha titik tekannya pada pentingnya aqidah dan tauhid. Namun ketika Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, maka itu adalah periode dimana aqidah dan tauhid sudah mantap.

MATARAM–Intelektual Muslim Emha Ainun Nadjib mengatakan, NTB layak disebut Serambi Madinah. Alasannya, Islam di daerah ini muamalah dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News