JPNN.com

NTB Pamerkan Desa Kembang Kuning Sebagai Sentral Pangan Penopang Ekonomi

Kamis, 09 Juli 2020 – 20:39 WIB
NTB Pamerkan Desa Kembang Kuning Sebagai Sentral Pangan Penopang Ekonomi - JPNN.com
Polda NTB bersama dengan Danrem Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah memamerkan Desa Kembang Kuning yang terletak di Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Foto: Polda NTB for JPNN.com

jpnn.com, LOMBOK TIMUR - Polda Nusa Tenggara Barat bersama dengan Danrem Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah memamerkan Desa Kembang Kuning yang terletak di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur.

Unjuk keberhasilan itu dilakukan saat Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menggelar panen raya, tebar benih, baksos dan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (9/7).

"Saya menyaksikan kegiatan ketahanan pangan secara virtual yang dilakukan Panglima TNI dan Kapolri di Tangerang, Banten. Desa Kembang Kuning dipilih sebagai lokasi saya mengikuti kegiatan Bapak Kapolri dan Panglima TNI secara virtual, karena Desa Kembang Kuning dinilai layak jadi percontohan. Di situ kami kemudian melakukan panen padi dan panen ikan," kata Iqbal saat dikonfirmasi.

Iqbal mengatakan bahwa Kapolri meminta jajarannya untuk mendorong ketahanan pertanian di masing-masing daerah dalam rangka menghadapi ancaman krisis pangan.

Untuk di NTB sendiri, Program Kampung Tangguh Nusantara diimplementasikan dengan meluncurkan Desa Kembang Kuning yang merupakan pelaksanaan program berbasis lomba yairu Kampung Sehat Nunut Tatanan Baru.

"Ini dalam upaya memperkuat ketahanan pangan di Nusa Tenggara Barat, dan alhamdulillah, saya yang diberi kepercayaan oleh Allah SWT untuk meluncurkannya,” kata Iqbal.

Mantan Wakapolda Jawa Timur ini menambahkan, terpilihnya Desa Kembang Kuning sebagai lokasi karena merupakan salah satu desa yang memiliki potensi unggulan.

Desa tersebut pernah dikukuhkan sebagai Desa Wisata Terbaik dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pada 2017.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
budi