JPNN.com

NU Berperan Besar Bikin Indonesia dan Tiongkok Makin Mesra

Sabtu, 16 Mei 2020 – 19:36 WIB
NU Berperan Besar Bikin Indonesia dan Tiongkok Makin Mesra - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Duta Besar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun mendorong Nahdlatul Ulama lebih berperan lagi dalam menjembatani hubungan Jakarta dengan Beijing.

"NU punya peran yang luar biasa dalam lahirnya NKRI. Jadi ke depan, NU akan memainkan peran yang sangat signifikan dalam hubungan Indonesia dengan Tiongkok," katanya dalam Webinar "70 Tahun Indonesia-Tiongkok: Dari Diplomasi, Ekonomi, Teknologi, Hingga Santri" yang diselenggarakan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Tiongkok, Jumat (15/5).

Dubes juga berharap NU tidak kenal lelah dalam mengedukasi masyarakat mengenai hubungan kedua negara yang mengalami pasang-surut ini.

Menurut Djauhari, yang mendasari penguatan kemitraan antarnegara adalah hubungan antarmasyarakat kedua negara tersebut.

"Semakin banyak pelajar Indonesia ke Tiongkok dan semakin banyak pelajar Tiongkok ke Indonesia, maka hubungan ini semakin kuat," ujar mantan Dubes RI untuk Rusia tersebut.

Sementara itu, staf pengajar Hubungan Internasional Universitas Indonesia Yeremia Lalisang lebih tertarik membicarakan pertukaran pelajar Indonesia-Tiongkok yang melibatkan kalangan santri dalam forum tersebut.

"Santri sekarang memainkan porsi yang signifikan, walau pun dari segi jumlah relatif kecil. Tapi justru dari yang kecil ini paling aktif sehingga menjadi perhatian khusus karena terkadang jumlah tidak mencerminkan kualitas," ujar peraih doktor Hubungan Internasional dari salah satu perguruan tinggi di Xiamen, Provinsi Fujian, itu.

Oleh sebab itu dia berharap makin banyak kalangan santri yang berminat belajar di Tiongkok.

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil