NU Minta Pemerintah Terus Sejahterakan Petani

NU Minta Pemerintah Terus Sejahterakan Petani
Diskusi bertajuk Pembangunan Infrastruktur untuk Memperkuat Ekonomi Rakyat dan Konektivitas Antardaerah di Jakarta, Selasa (20/3). Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) meminta pemerintah terus menyejahterakan petani lewat pembangunan infrastruktur. Sebab, dengan adanya infrastruktur, petani akan terdorong ekonominya.

Ketua LPPNU Marwan Jafar mengatakan, sejauh ini pembangunan infrastruktur nasional cukup membantu perekonomian petani.

Di berbagai daerah, pemerintah melalui kementerian terkait berhasil membuat irigasi yang menghindarkan petani dari gagal panen.

"Di mana dengan banyaknya bendungan yang dibangun, saluran irigasi, para petani kita jadi lebih sejahtera," kata Marwan dalam sebuah diskusi bertajuk Pembangunan Infrastruktur untuk Memperkuat Ekonomi Rakyat dan Konektivitas Antardaerah di Jakarta, Selasa (20/3).

Mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ini juga menambahkan, pembangunan waduk-waduk dan irigasi dapat meningkatkan produksi petani.

Petani yang dulunya hanya menanam dua kali, kata dia, bisa meningkat hingga tiga kali. "Di musim kering dengan punya waduk, petani masih bisa menanam," tambahnya.

Marwan juga mengingatkan, pembangunan infrastruktur ini harus fokus di daerah-daerah. Selain itu, kata dia, proses perizinan harus dipermudah terhadap semua sektor usaha agar roda ekonomi berputar.

"Izin itu harus dipersingkat, diperpendek supaya tidak berbelit belit. Tiga bulan selesai misalnya, itu kemajuan yang patut diapresiasi," ujar dia.

LPPNU meminta pemerintah terus menyejahterakan petani lewat pembangunan infrastruktur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News