Nuh Ingin Bentuk Karakter dalam Sepekan

297 Siswa SMA Ikuti Pendidikan Karakter

Nuh Ingin Bentuk Karakter dalam Sepekan
Nuh Ingin Bentuk Karakter dalam Sepekan
JAKARTA--Sebanyak 297 siswa sekolah menengah atas (SMA) dan 66 guru pembina organisasi siswa intra sekolah (OSIS) perwakilan dari 33 provinsi mengikuti Gebyar Apresiasi Karakter Siswa Indonesia (Gebyar Aksi) 2011. Kegiatan yang berlangsung sepekan, mulai 15-21 Mei 2011 di Taman Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur ini,  merupakan rangkaian kegiatan di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) dalam rangka melaksanakan kegiatan pendidikan karakter bangsa.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menyampaikan, ada tiga karakter yang ingin dibangun yaitu karakter menumbuhkan kesadaran sebagai makhluk Tuhan YME, karakter berbasis ilmu pengetahuan, dan karakter kecintaan dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. "Prestasi tidak mungkin diraih tanpa ilmu. Oleh karena itu, harus didorong penanaman ilmu sejak dini," terangnya di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Senin (16/5).

Mantan Menkominfo tersebut lebih menekankan pentingnya Bhinekka Tunggal Ika. Menurut Nuh, semboyan yang menggambarkan persatuan dan kesatuan ini harus terus menerus dipupuk, dirawat, dijaga, dan dikembangkan. "Kita bisa jadi memiliki keanekaragaman baik dari sisi etnik, budaya, ataupun agama, tetapi hakekatnya kita adalah satu bangsa yaitu bangsa Indoensisa, yang ingin kita bangun adalah rumah Indonesia," ujarnya.

Di tempat yang sama, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemdiknas Baedhowi menyampaikan, nilai-nilai karakter yang ingin diwujudkan melalui Gebyar Aksi ini adalah menumbuhkembangkan sikap kerja sama, nasionalisme, rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Sikap ini, kata dia, dilandasi nilai jujur, disiplin, peduli, dan berpikir kritis positif di kalangan generasi muda.

JAKARTA--Sebanyak 297 siswa sekolah menengah atas (SMA) dan 66 guru pembina organisasi siswa intra sekolah (OSIS) perwakilan dari 33 provinsi mengikuti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News