Nuh Janji Bereskan 40 Rekening Liar di PTN

Nuh Janji Bereskan 40 Rekening Liar di PTN
Nuh Janji Bereskan 40 Rekening Liar di PTN
JAKARTA--Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengakui ada 40 rekening liar yang ada di lingkungan kementerian yang dia pimpin itu. Adanya rekening liar itu terungkap dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan Kemdiknas tahun 2010.

"Mengenai BPK ini, saya sudah merancang bahan untuk presentasi utuh tentang temuan BPK. Jadi begini, jumlah rekening yang ada di lingkungan Kemdiknas itu, ada yang di kementerian ini sendiri dan ada juga di unit - unit, termasuk di perguruan tinggi negeri. Itu totalnya sebanyak 1200 rekening. Oleh karena itu ada sekitar 40 rekening yang tanda kutip liar. Kalau liar kan tidak dikenal, tapi dalam masalah ini rekening itu belum didaftarkan ke Kemenkeu," ungkap Nuh ketika ditemui usai acara penandatanganan MoU dengan Menteri Pendidikan Selandia Baru di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Kamis (14/7).

Nuh menjelaskan,  dari 40 rekening itu, ada sekitar 22 rekening yang dalam proses pendaftaran, dan sisanya memang belum didaftarkan. Tetapi, tegas Nuh, rekening itu bukan dalam arti liar penggunannya. Pasalnya, jika  memang benar terjadi ada penyalahgunaan, tentu itu penyimpangan. "Jadi saya tegaskan lagi di sini bahwa liar dalam kasus ini itu artinya belum di daftarkan di Kemenkeu," pungkasnya.

Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu mengatakan, masalah ini juga terkait dengan perbedaan waktu dimulainya tahun anggaran APBN, dengan tahun ajaran baru. Tahun anggaran APBN itu dimulai Januari.

JAKARTA--Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengakui ada 40 rekening liar yang ada di lingkungan kementerian yang dia pimpin itu. Adanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News