NusantaRun 2018 Targetkan Rp 2,5 Miliar untuk Pendidikan

NusantaRun 2018 Targetkan Rp 2,5 Miliar untuk Pendidikan
Jumpa pers NusantaRun 2018 di Jakarta. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Kegiatan lari untuk acara amal, NusantaRun 2018 kembali digelar pada 7 - 9 Desember. Pada chapter keenam ini, akan mengambil rute start dari Wonosobo, Jawa Tengah, dan berakhir di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jarak tempuh total NusantaRun 2018 adalah 169 km. Ini adalah jarak terjauh dibandingkan lima kegiatan NusantaRun sebelumnya, yang dimulai pada tahun 2013.

NusantaRun merupakan event lari yang digagas dan diikuti oleh banyak komunitas lari maupun perseorangan, yang bertujuan untuk mengumpulkan donasi.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengajak masyarakat agar peduli kepada sesama melalui donasi untuk kegiatan sosial, melalui kegiatan lari.

Tahun ini, NusantaRun diikuti oleh 201 pelari, dengan target donasi mencapai Rp 2,5 miliar. Nantinya, dana yang terkumpul akan disalurkan untuk program pengembangan pendidikan murid penyandang disabilitas di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang bekerja sama dengan Kampus Guru Cikal.

Para pelari terdiri dari 116 kategori half course (86 kilometer) dan 85 kategori full course (169 kilometer). 

Founder NusantaRun Jurian Andika mengatakan, isu pendidikan bagi penyandang disabilitas sangatlah penting. Apalagi mengetahui fakta bahwa masih banyak penyandang disabilitas di Indonesia yang kurang mendapatkan akses pendidikan dan akses pekerjaan.

“Melalui kampanye ‘Pendidikan untuk Semua’, kami ingin menyuarakan bahwa anak-anak penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama dalam akses terhadap pendidikan dan pekerjaan,” pungkas Jurian di Jakarta.

Tahun ini, NusantaRun diikuti oleh 201 pelari, dengan target donasi mencapai Rp 2,5 miliar untuk membantu pengembangan pendidikan murid penyandang disabilitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News