Nyeri Wajah Saat Membasuh Muka dan Makan? Waspada dengan Penyakit Ini

Nyeri Wajah Saat Membasuh Muka dan Makan? Waspada dengan Penyakit Ini
Ilustrasi nyeri wajah. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anda merasakan nyeri pada wajah saat mencukur, membasuh muka, menyikat gigi, makan, tertawa, dan lainnya?

Jika ya, ini harus diwaspadai. Sebab, aktivitas harian tersebut seharusnya tidak menimbulkan nyeri pada wajah. 

Menurut dr. Heri Aminuddin, SpBS., jika nyeri terjadi hanya pada salah satu sisi wajah, memang kemungkinan akibat trigeminal neuralgia.

Selain dari hasil anamnesis, untuk lebih memastikan lagi dokter akan merekomendasikan pemeriksaan penunjang seperti MRI. 

Kadangkala, kata dokter spesialis bedah saraf yang berpraktik di Brain and Spine Center RSU Bunda Jakarta, kondisi nyeri luar biasa ini membutuhkan tindakan tertentu untuk mengatasinya.

Sebab, serangan nyeri akibat trigeminal neuralgia terasa seperti tersayat benda tajam, tertusuk, terbakar, bahkan seperti kesetrum listrik.

Akibatnya penderitanya tak mampu beraktivitas seperti biasa yang lama kelamaan kualitas hidup juga menurun. Pada awalnya, penanganan trigeminal neuralgia berupa obat-obatan.

“Pilihannya adalah obat antinyeri atau obat antikejang, yang harus berdasarkan resep dokter,” jelas dr. Heri Aminuddin, Minggu (27/3).

Jika Anda mengalami nyeri wajah saat membasuh muka, makan, dan lainnya, harus waspada dengan penyakit ini. Berikut ulasan dokter spesialis bedah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News