Oalah! Satu Perusahaan Dilamar 3.000-an Orang, Diterima hanya 300

Oalah! Satu Perusahaan Dilamar 3.000-an Orang, Diterima hanya 300
Para pencaker sedang menunggu hasil seleksi dari sebuah perusahaan di kawasan Industri Batamindo, Batam, Kepri. foto: Batam Pos/JPNN

jpnn.com - SEIBEDUK - Ribuan pencari kerja (Pencaker) kembali memenuhi kawasan Multi Purpose Hall Batamindo di Mukakuning, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (19/5) pagi. Mereka kembali beradu nasib untuk mendapatkan lapangan pekerjaan di kawasan Industri Batamindo.

Kedatangan ribuan pencaker ini menyusul adanya pembukaan lowongan pekerjaan sebagai tenaga operator dari PT Sumitomo Wiring System yang beralamat di jalan Beringin Lot 08, Batamindo Industrial Park, Mukakuning.

Informasi yang diperoleh di lapangan diperkirakan ada sekitar 5.000 pencaker yang memenuhi kawasan tersebut. Mereka sudah memenuhi kawasan yang dijadikan fasilitas penyedia lapangan kerja untuk perusahaan-perusahaan yang ada di dalam kawasan industri Batamindo sejak pukul 08.00 WIB. Mereka rata-rata berusia dibawa 25 tahun. 

"Hari ini Sumitomo buka (lowongan kerja) lagi. Makanya datang lagi hari ini. Mana tahu beruntung," kata Jenny salah satu pencaker, Kamis kemarin.

Ribuan pencaker yang didominasi kaum wanita itu terlihat berdesak-desakan memberikan berkas lamaran mereka ke meja panitia penerimaan berkas lamaran yang disediakan. Petugas keamanan kawasan dan kepolisian harus diterjunkan untuk mengawal dan mengatur serbuan para pencaker tersebut.

Senior General Manager PT Sumitomo Wiring System Djoko Adiprabowo, mengatakan sampai pukul 10.00 WIB, total lamaran yang diterima panitia mencapai 3.000-an lamaran kerja.

"Berkas-berkas ini akan diseleksi lagi, sebab yang diterima hanya 300 orang terdiri cewek 250 orang dan cowok 50 orang untuk posisi operator," kata Djoko.

Proses seleksi berkas lamaran yang masuk meliputi; maksimal umur 25 tahun, warga negara Indonesia (WNI), tinggi badan minimal 152 Cm dan tidak buta warna. "Kesehatan yang paling penting tidak buta warna," ujar Djoko.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News