Obama Bakal Berpidato di Perbatasan Korsel-Korut

Obama Bakal Berpidato di Perbatasan Korsel-Korut
Obama Bakal Berpidato di Perbatasan Korsel-Korut
SEOUL - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama pada akbhir Maret ini dijadwalkan akan mengunjungi perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara pada akhir bulan Maret ini. Dalam kunjungannya, Obama akan menyampaikan pidato yang ditujukan kepada warga dan aparat pemerintah Korut yang akhir tahun lalu ditinggal mati oleh penguasa mereka selama puluhan tahun, Kim Jong-Ill.

Dilansir dari AFP yang mengutip koran Korsel, Chosun Ilbo Senin (12/3), Obama akan berwisata di Zona Demiliterisasi (DMZ) di sela-sela kehadirannya di KTT Keamanan Nuklir di Seoul tanggal 26-27 Maret mendatang. Kantor berita nasional Korsel, Yonhap juga melaporkan kemungkinan Obama ke daerah perbatasan yang dikelilingi kawat berduri dan ladang ranjau yang membagi dua semenanjung Korea itu.

"Dalam pidatonya Obama diperkirakan akan mengomentari masalah Korut dan berbicara tentang kekhawatiran masyarakat dunia terhadap negara tersebut dan tekad AS untuk mendukung aliansi Korsel-AS," kata seorang sumber pemerintah Korsel dalam wawancara singkatnya dengan Chosun Ilbo.

Menurut sang sumber, Obama dalam kunjungan pertamanya ke DMZ tersebut juga akan bertemu pasukan AS yang ditempatkan di sana. AS sendiri telah menempatkan pasukannya di Korsel sejak negara tersebut berperang dengan tetangga komunisnya tahun 1950-1953. Saat ini jumlah pasukan AS di Korsel mencapai 28,500 orang.

SEOUL - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama pada akbhir Maret ini dijadwalkan akan mengunjungi perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News