Obama Tolak Temui Anwar Ibrahim

Obama Tolak Temui Anwar Ibrahim
Obama Tolak Temui Anwar Ibrahim

MALAYSIA menjadi negara ketiga dalam rangkaian kunjungan Obama ke Asia. Kedatangan Obama disambut hangat oleh Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. Sudah 48 tahun tidak pernah ada presiden Amerika Serikat (AS) yang berkunjung ke Malaysia. Kunjungan terakhir dilakukan Presiden AS Lyndon B. Johnson pada 1966.

 

Malaysia mungkin juga menjadi satu-satunya negara dalam lawatan tersebut yang tidak memiliki masalah dengan Tiongkok. Bahkan, Malaysia bisa dibilang punya hubungan baik dengan Tiongkok.

 

Di Negeri Jiran, Obama dijadwalkan berbicara mengenai perdagangan dan keamanan. Dia juga direncanakan berdiskusi dengan para pemimpin masyarakat serta anak muda di Malaysia. Namun, Obama tidak akan menemui para pemuka oposisi di Malaysia. Termasuk Anwar Ibrahim.

 

Aktivis hak asasi manusia di Malaysia sudah mendesak dan meminta Obama untuk bertemu Anwar. Mantan PM Malaysia tersebut merupakan saingan berat Najib Razak. Alih-alih bertemu Anwar, Obama malah mengirimkan penasihat keamanan nasionalnya, yaitu Susan Rice.

 

MALAYSIA menjadi negara ketiga dalam rangkaian kunjungan Obama ke Asia. Kedatangan Obama disambut hangat oleh Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News