Obama Ucapkan Selamat Untuk Indonesia

Obama Ucapkan Selamat Untuk Indonesia
Obama Ucapkan Selamat Untuk Indonesia

jpnn.com - JAKARTA  -- Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 telah digelar 9 Juli 2014 kemarin. Atas kesuksesan dalam penyelenggaraan pilpres yang tertib dan aman, Indonesia mendapat ucapan selamat dari Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama.

Ucapan tersebut disampaikan secara resmi oleh Obama melalui juru bicara Gedung Putih kemarin (10/07) waktu Indonesia. Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Amerika Serikat, Budi Bowoleksono mengatakan, peristiwa pilpres ini juga disebut sebagai hal bersejarah oleh Obama.

"Tingkat partisipasi pemilih yang tinggi, kampanye dan partisipasi yang kuat dari seluruh rakyat Indonesia, masyarakat madani dan media massa telah menegaskan kuat dan dinamisnya kematangan demokrasi Indonesia," ujar Budi menirukan pernyataan resmi Gedung Putih dalam rilis yang dikirimnya kemarin (10/07).

Tak hanya mengucapkan selamat, Presiden ke-44 AS itu juga menyambut baik untuk dapat bekerja sama dengan pemimpin baru Indonesia nantinya.

"Presiden Obama juga sangat menginginkan keberlanjutan kemitraan yang sangat penting dengan presiden baru Indonesia dan dengan parlemen yang baru saja terpilih," lanjut Budi.

Pihak Gedung Putih menyampaikan bahwa kedua negara memiliki kepentingan yang sama. Diantaranya adalah keyakinan yang kuat terhadap asrti penting penghormatan terhadap hak asasi manusia (HAM), tata kelola pemerintahan yang inklusif dan persamaan kesempatan bagi tiap individu.

Gedung putih juga menyinggung kemitraan komprehensif yang telah diluncurkan kedua negara pada tahun 2010. Gedung Putih menyebut, kemitraan tersebut merupakan komitmen jangka panjang berlandaskan kepentingan bersama untuk memperluas, memperdalam dan meningkatkan hubungan bilateral antara indonesia dan AS.

Dalam kesempatan itu, suami Michelle Obama itu juga menyampaikan penghargaannya atas kemitraan yang terjalin antara pemerintahannya dan pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

JAKARTA  -- Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 telah digelar 9 Juli 2014 kemarin. Atas kesuksesan dalam penyelenggaraan pilpres yang tertib dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News