Obat Kanker Bisa Halau Virus

Obat Kanker Bisa Halau Virus
Obat Kanker Bisa Halau Virus
AIDSNORTHCAROLINA - Virus HIV telah mengembangkan cara untuk bertahan hidup di dalam tubuh manusia dengan mengintegrasikan dirinya ke dalam arsitektur genetik sistem kekebalan sel T, yaitu sel-sel darah putih khusus yang diincar virus AIDS. Namun kini  para peneliti telah berhasil menghalau virus laten ini keluar dari tempat persembunyiannya, dengan obat yang digunakan untuk mengobati limfoma, kanker sistem limfatik yang langka dan berpotensi mematikan.

Dijelaskan, selama ini obat anti-retroviral dapat menekan HIV ke tingkat yang hampir tidak terdeteksi, sehingga memberi sistem kekebalan tubuh kesempatan untuk memperbaiki dirinya sendiri. Tetapi, virus AIDS selalu mengintai dalam jumlah kecil, kira-kira satu dari sejuta sel T dan berpotensi mengancam hidup kembali seandainya penderita berhenti minum obat anti-retroviral.

Adalah David Margolis, guru besar mikrobiologi dan imunologi di Universitas North Carolina Chapel Hill yang telah mempelajari cara HIV bersembunyi, tidak aktif, dalam sel-sel sistem kekebalan tubuh. Dalam beberapa kasus limfoma, obat vorinostat membunuh sel kanker.

"Dalam sel yang tertular HIV, obat kanker menyebabkan virus laten keluar dari persembunyian,"  ujar David kepada VOA.

AIDSNORTHCAROLINA - Virus HIV telah mengembangkan cara untuk bertahan hidup di dalam tubuh manusia dengan mengintegrasikan dirinya ke dalam arsitektur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News