Obesitas Pemicu Gagal Ginjal, Stroke, Kanker

Obesitas Pemicu Gagal Ginjal, Stroke, Kanker
Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com - jpnn.com - Orang yang mengalami kegemukan alias obesitas memiliki risiko terkena sejumlah penyakit, seperti gagal ginjal, stroke, sampai kanker.

Sebab mereka lebih sensitif terserang penyakit tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam Nono Mattarungan.

Ia menyampaikan, tren penyakit obesitas semakin tinggi setiap tahunnya.

Selain itu, berdasarkan kondisi di lapangan, obesitas berpotensi terserang kanker kandungan dan kanker payudara lebih besar. Hingga penyakit keganasan lainnya.

Meski keganasan itu juga dari banyak faktor yakni genetik, juga pola dan gaya hidup.

“Merokok, konsumsi minum dan makanan mengandung pengawet, dan junk food. Sehingga kenyataannya obesitas memiliki risiko besar terjangkit penyakit lain,” ucapnya.

Obesitas menjadi salah satu pembahasan menarik dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Kaltim-Kaltara.

Nantinya, ratusan dokter umum dan dokter penyakit dalam akan berkumpul pada acara yang berlangsung di Hotel Gran Senyiur, 10-12 Maret.

Orang yang mengalami kegemukan alias obesitas memiliki risiko terkena sejumlah penyakit, seperti gagal ginjal, stroke, sampai kanker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News