Oesman Sapta Oedang Resmi Jadi Ketua DPD

Oesman Sapta Oedang Resmi Jadi Ketua DPD
Oesman Sapta Odang. Foto: dok/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Oedang (OSO) mengatakan, tidak ada masalah dengan jabatan barunya meski dia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Menurut OSO, semuanya sah-sah saja. “Karena tidak ada Undang-undang yang melarang itu,” kata OSO kepada wartawan usai mengucap sumpah jabatan sebagai ketua DPD, di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/4).

OSO lantas membandingkan Ketua MPR Zulkifli Hasan yang juga menjabat ketum Partai Amanat Nasional (PAN) dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto yang merupakan ketum Partai Golkar.

Soal posisinya sebagai wakil ketua MPR, OSO belum mengambil keputusan. Dia mengaku belum mengetahui soal aturan rangkap jabatan di lembaga negara. Hanya saja, OSO menegaskan siap mundur jika diminta.

“Jadi ketua saja saya rela, suruh meninggalkan DPD hari ini saya juga rela,” kata senator asal Kalimantan Barat (Kalbar) ini.

Pun demikian, OSO mengaku belum tahu siapa yang akan menggantikannya sebagai wakil ketua MPR nanti. Lebih lanjut OSO mengaku tidak melobi-lobi siapa pun termasuk anggota DPD agar memilihnya menjadi ketua. “Saya tidak mengerti lobi,” tegas OSO.

Namun, dia yakin, semua anggota DPD mempunyai hati nurani yang tulus dan iklas serta semangat daerah. Terutama daerah yang diwakili.

Karenanya dia menegaskan, semua persoalan sudah clear. OSO mengajak sisa waktu 2,5 tahun yang ada untuk bekerja keras menyelesaikan pekerjaan yang belum terealisasi.

“Jadi, ini merupakan speed dalam berpikir, bekerja bekerja, dan bekerja," kata OSO.

Mantan Ketua DPD Mohammad Saleh mengatakan bahwa posisi OSO sebagai ketua sudah sah secara hukum dan politik. Secara politik, anggota DPD sudah resmi memilih OSO. Secara hukum, Mahkamah Agung (MA) sudah mengambil sumpah jabatan OSO sebagai ketua DPD.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Oedang (OSO) mengatakan, tidak ada masalah dengan jabatan barunya meski dia juga menjabat sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News