Oh, Ini Kelemahan AHY

Oh, Ini Kelemahan AHY
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan orasi politik di Jakarta, Jumat (3/8). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Adi Prayitno mengatakan, hasil berbagai survei memperlihatkan elektabilitas Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Said Al-Jufri dan Ustaz Abdul Somad (UAS) jauh di bawah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dengan demikian, peluang Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat itu menjadi cawapres Prabowo Subianto, lebih besar ketika menggunakan tolok ukuran elektabilitas.

"AHY saya kira juga kian diminati publik setelah melakukan safari politik ke berbagai daerah kunci di Pulau Jawa dan luar Jawa," ujar Adi kepada JPNN, Selasa (7/8).

Meski demikian, pengajar di Universitas Indonesia Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta ini melihat, Habib Salim dan UAS juga memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki putra Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

Antara lain, direkomendasikan oleh Gerakan Nasional Pembela Fatwa Ulama (GNPFU) dan didukung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kedua lembaga tersebut diyakini bakal berjuang habis-habisan untuk memenangkan Prabowo di Pilpres 2019, jika nantinya memilih salah satu dari dua nama tersebut.

"Background keduanya juga bukan dari militer. Kemudian, identik mewakili kelompok ulama dan kalangan riligius, sehingga tidak sama dengan Prabowo," katanya.

Selain itu, asal muasal keduanya yang bukan berdarah Jawa, juga diyakini membawa keuntungan tersendiri bagi keberagaman pemilih nantinya.

Tiga nama berpeluang menjadi cawapre Prabowo yakni Ustaz Abdul Somad, Habib Salim, dan AHY, siapa paling berpeluang?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News