JPNN.com

Oh No... Menopause Bisa Mempercepat Penuaan Pada Wanita

Sabtu, 10 September 2016 – 09:36 WIB Oh No... Menopause Bisa Mempercepat Penuaan Pada Wanita - JPNN.com

MENOPAUSE dan insomnia ternyata bisa mempercepat penuaan pada wanita. Hal ini berdasarkan studi baru yang dilakukan peneliti.

"Selama beberapa dekade, para ilmuwan telah setuju mengenai apakah menopause menyebabkan penuaan," kata penulis senior dan seorang profesor genetika manusia dan biostatistik di David Geffen School of Medicine di University of California, Los Angeles, Steve Horvath, seperti dilansir laman Health, Rabu (7/9).

Menurut Steve, studi yang mereka lakukan menunjukkan bahwa menopause mempercepat penuaan Anda.

Horvath dan rekan-rekannya mengatakan mereka menemukan bahwa menopause meningkatkan penuaan selular dengan rata-rata 6 persen.

"Itu memang tidak terdengar seperti banyak, tetapi tambahkan dari rentang kehidupan seorang wanita," ucap Horvath.

Misalnya, seorang wanita yang mulai menopause dini pada usia 42 tahun akan menjadi tua secara biologis pada usia 50 tahun, dibandingkan wanita usia yang sama yang mulai menopause pada usia 50 tahun.

Insomnia, yang sering menyertai menopause, juga bisa menyebabkan penuaan biologis lebih cepat.

"Tidak mendapatkan tidur baik tidak hanya memengaruhi fungsi hari berikutnya, tetapi juga bisa memengaruhi tingkat di mana jam biologis Anda menjadi kacau," kata asisten profesor psikiatri di UCLA Semel Institute for Neuroscience and Human Behavior, Judith Carroll.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...