JK: Seni, Budaya, Alam, Hingga Kuliner Kita Penuh Sensasi

JK: Seni, Budaya, Alam, Hingga Kuliner Kita Penuh Sensasi
Jusuf Kalla. Foto: JPNN

jpnn.com - BANTEN - Wakil Presiden Jusuf Kalla merasa bernostalgia di arena PATA Travel Mart 2016 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong, Rabu (7/9) malam itu.

Ini kali kedua, Pak JK –sapaan Jusuf Kalla—meresmikan bursa industry pariwisata se Asia Pacific itu, setelah tahun 1974 pertama kali Pacific Asia Travel Association (PATA) digelar di Bali.

Karena menjadi host PATA itulah, seperti wake up call bagi Bali untuk dibangun banyak hotel, convention center dan menata destinasi pariwisata.

“Tahun ini, saya membuka kembali PATA Travel Mart 2016. Enjoy di Jakarta, silakan eksplorasi Wonderful Indonesia. Terima kasih telah hadir di sini, Jakarta, maksud saya Banten!,” gaya Jusuf Kalla meralat ucapannya karena Tangsel adalah wilayah Provinsi Banten, dan kebetulan Gubernur Rano Karno juga hadir di acara Welcome Reception & Opening Ceremony yang dihadiri 1.600 orang itu.

Dia juga berterima kasih kepada Chairman Pacific Asia Travel Association (PATA) Andrew Jones, yang membawa bursa pasar industry pariwisata itu ke Indonesia.

“Keragaman seni, budaya, panorama alam, hingga kuliner, kita seru dan penuh sensasi. Enjoy mengeksplorasi kekayaan dan keramah tamahan Indonesia,” ucap Pak JK di depan 262 buyers dari 56 negara, sellers 219 perusahaan, 416 delegasi dari 35 negara hingga 65 media dari 15 negara plus 12 bloggers itu.

"Kami punya ribuan kilometer pantai, belasan ribu pulau, ratusan budaya, banyak sekali wisata kuliner makanan yang lezat-lezat, manusia-manusianya, tarian-tarian yang indah yang bisa ditemukan di Indonesia,” kata Wapres Jusuf Kalla, sebelum membuka dengan membunyikan Angklung, alat music dari bambu khas Sunda itu.

Wapres memang tak asal bicara. Semua yang dipaparkannya memang benar adanya. Garis pantai Indonesia? Panjangnya mencapai 100 ribu kilometer. Dan itu langsung menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pantai terpanjang kedua di dunia. 

BANTEN - Wakil Presiden Jusuf Kalla merasa bernostalgia di arena PATA Travel Mart 2016 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News