Oh..Ini Cara Negara Lain Tentukan Awal Ramadan

Oh..Ini Cara Negara Lain Tentukan Awal Ramadan
Ilustrasi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - SAMA seperti di Indonesia, penentuan hari pertama Ramadan di negara lain juga dilakukan dengan bermusyawarah. Namun cara-cara yang ditempuh pun berbeda-beda. 

Arab Saudi, misalnya menggunakan cara rukyatulhilal atau melihat bulan sabit. Pengadilan Tinggi Arab Saudi mengadakan sidang pengamatan setelah salat magrib waktu setempat atau tadi malam sekitar pukul 23.00 WIB. 

Hal yang sama dilakukan negara muslim lainnya di Timur Tengah seperti Uni Emirat Arab dan Oman yang juga mengadakan sidang isbat.

Di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina, puasa pertamanya juga sama dengan di Indonesia, hari ini, 6 Juni.

''Saya ingin mengambil kesempatan ini mendoakan semua muslim di Singapura untuk mendapatkan Ramadan yang berkah,'' ujar Mufti Singapura Mohamed Fatris Bakaram seperti dilansir Channel NewsAsia tadi malam.

Kepastian datangnya puasa juga disambut sukacita oleh warga muslim Amerika. Mereka sepakat menggunakan metode hisab. Contohnya adalah beberapa lembaga Islam di Amerika Serikat (AS). 

Imam Besar Masjid New York Syamsi Ali mengatakan, lembaganya menggunakan teori hisab. Hal tersebut sudah bertahun-tahun digunakan organisasi Islam tertua di Amerika Utara, yakni ISNA (Islamic Society of North America). (wan/far/dod/bil/c11/c10/kim)


SAMA seperti di Indonesia, penentuan hari pertama Ramadan di negara lain juga dilakukan dengan bermusyawarah. Namun cara-cara yang ditempuh pun berbeda-beda. 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News