OJK Khawatir Kredit Hanya Tumbuh Kisaran Empat Persen, Ini Sebabnya...

OJK Khawatir Kredit Hanya Tumbuh Kisaran Empat Persen, Ini Sebabnya...
OJK Khawatir kredit hanya tumbuh di kisaran empat hingga 4,5 persen. Ilustrasi Foto: dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiyana menyatakan pertumbuhan kredit berpotensi berada di kisaran 4-4,5 persen jika program vaksinasi berjalan lambat. Hal ini akan berimplikasi pada lemahnya permintaan.

“Kalau semuanya lambat dan tidak bisa kita mitigasi dampak Covid-19, permintaan belum baik, sektor riil belum pulih kami perkirakan pertumbuhan kredit 4 persen hingga 4,5 persen,” kata dia dalam Launching dan Konferensi Pers RP2I 2020-2025 di Jakarta, Kamis (18/2).

Di sisi lain, Heru menuturkan apabila vaksinasi dan permintaan berjalan cepat pada semester I maka pihaknya optimis bahwa pertumbuhan kredit akan mampu mencapai 7 persen.

Kendati demikian dia menyebut bisa saja kredit mencapai level yang tinggi, mencapai 9 persen hingga 9,8 persen. Asalkan, kata dia penanganan Covid-19 dilakukan dengan baik dan pemulihan ekonomi lebih kuat.

“Kalau semua berjalan baik, vaksinasi, Covid-19, demand kredit dan likuiditas masih ample seperti akhir-akhir ini,” ujar Heru.

Heru juga mengatakan industri perbankan sangat serius mengentaskan intermediasi yang terlihat pada Rencana Bisnis Bank (RBB) yakni menargetkan kredit tumbuh di level 7,13 persen.

“Kami perhatikan keadaan dan perbankan serius mengentaskan intermediasi ke depan jadi lebih baik. Itu perlu kita dukung agar fungsi intermediasi perbankan lebih baik ke depan,” tegasnya.(antara/jpnn)

OJK Khawatir kredit hanya tumbuh di kisaran empat hingga 4,5 persen karena lambannya penanganan pandemi Covid-19. Namun, kredit bisa tumbuh maksimal jika pertumbuhan ekonomi dan penanganan Covid-19 berjalan dengan baik.


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News