JPNN.com

Oktober 2019, Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo Mulai Beroperasi   

Minggu, 08 September 2019 – 04:45 WIB Oktober 2019, Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo Mulai Beroperasi    - JPNN.com
Kereta Bandara Adi Soemarmo. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, SOLO - Kereta Bandara Solo dengan rute Stasiun Solo Balapan - Bandara Adi Soemarmo segera beroperasi mulai Oktober mendatang.

Kehadiran kereta Bandara Adi Soemarmo sekaligus untuk mendorong sektor pariwisata pada kawasan Joglosemar (Jogja Solo Semarang).

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat membuka Focus Group Discussion 'Infrastruktur Transportasi Untuk Konektivitas Joglosemar' di Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo, Jumat siang (6/9).

"Kereta Bandara akan dioperasikan Oktober. Sementara ini kami pikirkan menghubungkan dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo. Tapi nanti ada juga pola dari Stasiun Solo ke Jogja," ujar Budi.

Sampai dengan saat ini, progres pembangunan Kereta Bandara sudah mencapai 96 persen.

"Kurang 4 persen aja. Tinggal satu titik saja. Kami konsinyasi tanahnya, langsung konstruksi tidak sampai satu bulan kemudian sudah bisa beroperasi," jelasnya.

Kereta Bandara dari Stasiun Solo Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo menempuh waktu selama 20 menit dengan total panjang jalur yaitu 12,97 kilometer.

Rencananya, kereta bandara akan menggunakan satu train set dan melakukan perjalanan sebanyak 32 trip dalam perhari dengan headway rata-rata 63 menit. Kecepatan kereta akan berkisar dari 75 km/jam - 80 km/jam.(chi/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...