Olahraga Teratur Sebelum kehamilan Bisa Mencegah Nyeri Panggul

Olahraga Teratur Sebelum kehamilan Bisa Mencegah Nyeri Panggul
FOTO: Fox News

jpnn.com - Olahraga secara teratur sebelum kehamilan bisa melindungi terhadap nyeri panggul korset ketika janin tumbuh, menurut sebuah studi baru dari Norwegia.

“Antara 20 hingga 40 persen dari wanita hamil mengalami beberapa nyeri panggul korset pada akhir kehamilan, terkait dengan perubahan ligamen di tubuh mereka yang disebabkan oleh bayi yang sedang tumbuh,” kata pemimpin penulis, Katrine Mari Owe, seperti dilansir laman Fox News, Senin (26/10).

Penelitian lain telah menemukan bahwa olahraga bisa mengurangi rasa sakit kronis bagi orang yang tidak hamil mungkin karena pelepasan endorfin.

“Meskipun efek jangka panjang dari latihan pada nyeri masih belum jelas, wanita yang berolahraga secara teratur sebelum hamil lebih mungkin untuk terhindar dari nyeri panggul korset,” jelas Owe.

Nyeri panggul korset adalah nyeri di bagian belakang dan depan panggul. Nyeri ini dikaitkan dengan depresi.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa wanita yang mengalami nyeri panggul korset cenderung jarang berolahraga selama kehamilan.

Para peneliti menanyai wanita yang tengah empat bulan hamil dan para wanita yang tengah hamil ini menjawab pertanyaan tentang jenis dan frekuensi latihan yang mereka lakukan tiga bulan sebelum hamil.

Lebih dari setengah dari wanita mengatakan mereka berolahraga setidaknya tiga kali seminggu sebelum kehamilan, sementara hanya tujuh persen mengatakan mereka tidak berolahraga sama sekali.

Olahraga secara teratur sebelum kehamilan bisa melindungi terhadap nyeri panggul korset ketika janin tumbuh, menurut sebuah studi baru dari Norwegia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News