Operasional Alsintan Bisa Berdayakan Pemuda di Desa

Operasional Alsintan Bisa Berdayakan Pemuda di Desa
Direktur Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian Spdunik Sudjono saat ikut panen di perbatasan. Foto: kementan

jpnn.com, SIAK - Direktur Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian Spdunik Sudjono berharap banyaknya bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang diberikan kepada daerah, bisa dimanfaatkan untuk menciptakan lapangan kerja dengan memberdayakan pemuda di pedesaan.

Ini disampaikan Sudjono saat mewakili Menteri Pertanian Andi AMran Sulaiman memberikan sambutan di acara tanam padi dan jagung perdana seluas 5000 hektar di Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak, Riau, Rabu (5/4).

Sudjono mengatakan, penanaman padi menggunakan alsin terbukti efisien.

"Kami berharap setiap pemuda (perantau) kembali ke desa membangun desanya," ujar Sudjono.

Bahkan, pihaknya mengusulkan agar bantuan alsin dari pemerintah bisa diikelola dengan baik oleh pemuda di desa yang telah dilatih mengoperasionalkannya.

"Usul kami dibangun unit layanan jasa alsin, latih pemuda untuk menangani alat ini, agar dapat diberdayakan lebih optimal," ujar dia pada acara yang dihadiri Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan jajaran.

Pihaknya berharap dengan dicanangkan penanaman padi dan jagung seluas 5000 hektar kali ini, bisa membawa Kabupaten Siak menjadi lumbung pangannya Provinsi Riau.(fat/jpnn)


Direktur Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian Spdunik Sudjono berharap banyaknya bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang diberikan


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News