Oppo Uji Coba Panggilan Pertama dengan Jaringan 5G di Indonesia

Oppo Uji Coba Panggilan Pertama dengan Jaringan 5G di Indonesia
Oppo Uji Coba Panggilan Pertama dengan Jaringan 5G di Indonesia. Foto: Oppo

jpnn.com, RIAU - Oppo Indonesia telah melakukan uji coba panggilan pertama dengan jaringan 5G di Indonesia, melalui protokol internet (VOIP). Pengujiannya sendiri dilakukan di Batam, Kepulauan Riau.

“Melalui uji jaringan 5G yang dilaksanakan di Batam, menunjukkan kesiapan Oppo sebagai produsen smartphone untuk menyongsong teknologi generasi ke 5 di Indonesia. Secara global, hal ini juga menjadi perwujudan komitmen kami dalam rangka pengembangan teknologi 5G di dunia,” ujar CEO Oppo Indonesia Ivan Lau, dalam keterangan tertulis, Kamis (28/11).

Dia menambahkan, dalam melakukan pengujian Oppo menggunakan Reno 5G yang merupakan ponsel pertama Oppo dengan jaringan generasi terbaru itu. Perangkat ini tersedia pertama kalinya untuk pasar Eropa, dan sudah dipasarkan melalui operator Swisscom pada Mei 2019.

Oppo Reno 5G merupakan perangkat dengan basis Reno 10x Zoom, yang dibekali tambahan modem X50 untuk mendukung konektivitas 5G.

Ke depannya, Oppo siap mendukung penuh pengaplikasian jaringan 5G di Indonesia. Tak ketinggalan, Oppo juga siap memproduksi perangkat yang mendukung jaringan 5G, tentunya setelah adanya aturan baku mengenai peredaran perangkat 5G.

Sementara itu, Oppo telah secara konsisten turut serta dalam perkembangan teknologi 5G di dunia. Mulai April 2015, Oppo sudah membentuk tim awal untuk melakukan standardisasi 5G.

Dilanjutkan Mei 2018, Oppo memperkenalkan demonstrasi video 5G pertama dengan basis 3D structure light. Oppo terus melakukan pengembangan 5G hingga puncaknya pada Februari 2019, perusahaan ini berhasil melakukan siaran langsung pertama kali di dunia melalui jaringan 5G.

Kemudian, pada bulan yang sama memperkenalkan ponsel komersial 5G pada ajang OPPO Innovation Event 2019 di Barcelona, Spanyol. (mg9/jpnn)

Oppo Indonesia telah melakukan uji coba panggilan pertama dengan jaringan 5G di Indonesia, melalui protokol internet (VOIP).


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News