Opsi Kenaikan Premium Lebih Mudah

Opsi Kenaikan Premium Lebih Mudah
Opsi Kenaikan Premium Lebih Mudah
JAKARTA - Opsi kenaikan harga premium akan menyebabkan dampak inflasi yang paling tinggi dibanding pilihan kebijakan lain terkait pembatasan subsidi dan konsumsi BBM. Namun, kebijakan tersebut dinilai sebagai pilihan paling sederhana dan terbebas dari penyalahgunaan.

"Kalau simple-nya, (harga) premium dinaikkan. Tidak ada moral hazard sama sekali," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, kemarin. Jika kenaikan harga tersebut disertai dengan cash back bagi angkutan umum, efek berganda kenaikan harga tidak akan terlalu terasa.

Menurut Rusman, apabila harga Pertamax makin jauh meninggalkan premium, pemerintah bakal kesulitan menjaga kuota konsumsi BBM bersubsidi 38,6 juta kiloliter tahun ini. Apalagi, saat ini tidak ada sanksi bagi mobil mewah yang mengonsumsi premium. "Kalau kita tebal muka kan tidak apa-apa isi premium, walaupun mobil kita mewah. Apa SPBU mau melarang?" kata Rusman.

Dampak langsung kenaikan harga BBM terhadap inflasi sebenarnya tidak terlalu besar. Bobot bahan bakar terhadap inflasi hanya 3 persen. Namun, yang perlu diwaspadai pemerintah adalah efek berganda yang terjadi. "Dampak langsungnya kecil, tapi multiplier effect-nya besar," ujarnya.

JAKARTA - Opsi kenaikan harga premium akan menyebabkan dampak inflasi yang paling tinggi dibanding pilihan kebijakan lain terkait pembatasan subsidi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News