Opsi Rihts Issue Lebih Seksi

Opsi Rihts Issue Lebih Seksi
Opsi Rihts Issue Lebih Seksi
JAKARTA - PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) berencana menerbitkan saham baru (rights issue) senilai Rp 216 miliar pada semester pertama 2012. Dana hasil rights issue akan dipakai menutupi surat utang jangka pendek (Promisory Notes) yang terbit Oktober 2011 lalu. ”Menurut hemat kami right issue menjadi opsi paling seksi dan format penyelesaian utang paling efisien,” tutur Djauhar Maulidi, Direktur Keuangan RAJA, di Jakarta.

Djauhar menjelaskan penerbitan saham baru itu tidak akan mengalami kendala. Saat ini perseroan tengah menggelar beauty contest untuk calon penjamin emisi. Sejatinya, pihak yang akan bertindak sebagai underwriter sudah ditunjuk. Tetapi, manajemen enggan membuka kedok dan identitas underwriter yang dimaksud. ”Enggak etis kalau kami ungkap sekarang,” kelit Djauhar.

Sementara nilai saham baru yang akan diterbitkan itu sekitar Rp 230 miliar. Angka itu merupakan jumlah pinjaman perseroan yang sebesar Rp 213 miliar ditambah bunga. Manajemen memandang prospek pasar modal yang masih akan baik pada 2012 nanti. Di samping akan rights issue, perusahaan distributor gas untuk industri ini juga berencana melakukan pembiayaan kembali utang bank (refinancing) terutama yang berada di anak usaha.

Untuk itu, RAJA bakal menarik semua utang anak usaha menjadi tanggung jawab RAJA selaku perusahaan induk. Total utang bank perseroan sebesar Rp 532,17 miliar, dengan aksi refinancing pada 2012, utang perseroan menjadi Rp 250,04 miliar. Strategi penarikan utang ke induk usaha membawa konsekuensi meningkatnya beban keuangan. ”Anak usaha akan menjadi lebih lincah berinvestasi dan ekspansi," tutup Djauhar. (far)
Berita Selanjutnya:
Tax Holiday Bisa Dicabut

JAKARTA - PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) berencana menerbitkan saham baru (rights issue) senilai Rp 216 miliar pada semester pertama 2012. Dana hasil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News