Orang Kaya yang Paling Banyak Menikmati BBM Subsidi

Orang Kaya yang Paling Banyak Menikmati BBM Subsidi
Subsidi BBM. Ilustrasi SPBU: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat ekonomi Faisal Basri menuturkan jenis BBM yang sebenarnya diperuntukkan bagi orang tak mampu sebagian besarnya dinikmati oleh masyarakat kaya.

Pengguna jenis BBM bersubsidi tertinggi 98,7 persennya merupakan mobil pribadi, taksi online 0,6 persen, taksi plat kuning 0,3 persen, dan angkot 0,4 persen.

"10 persen termiskin menikmati subsidinya 3,1 persen saja. 20 persen termiskin 4,4 persen, dan terus begitu. Yang terkaya paling banyak menikmati yakni 29,1 persen," ujar Faisal saat menjadi narasumber diskusi dengan tema 'Telaah Kebijakaan Penyesuaian harga BBM untuk Subsidi Tepat Sasaran' di Jakarta, Kamis (1/9).

Menurutnya, upaya mengurangi subsidi BBM harus dilakukan dengan konsisten, karena ongkos sosial, fiskal, dan lingkungannya terlalu mahal untuk terus menerus ditumpuk.

Sebab, cadangan minyak kian menipis, sementara konsumsi bahan bakar minyak semakin naik.

Harga BBM yang murah karena subsidi membuat pola konsumsi masyarakat, terutama yang mampu makin tak terkendali.

Hal itu pula yang menjadikan Indonesia harus melakukan impor minyak dari luar negeri, yang harganya saat ini melonjak naik, salah satunya akibat dari perang di Eropa.

"Cadangan makin tipis, tapi kita membakar energi, membakar BBM, makin lama makin banyak. Akibatnya apa, kita harus menutup selisih ini dengan cara mengimpor. Sekarang kira-kira impornya mendekati 800 ribu barel per hari," ungkap Faisal.

Upaya mengurangi subsidi BBM harus dilakukan dengan konsisten, karena ongkos sosial, fiskal, dan lingkungannya terlalu mahal untuk terus menerus ditumpuk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News