Orang Muda Ganjar Gelar Pelatihan Menenun di Sumba Barat

Orang Muda Ganjar Gelar Pelatihan Menenun di Sumba Barat
Pelatihan menenun yang diadakan Orang Muda Ganjar di Sumba Barat. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, SUMBA BARAT - Sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) mengadakan pelatihan tenun tingkat pemula yang bertujuan untuk memberikan dan meningkatkan keterampilan tenun bagi masyarakat di Sumba Barat.

Koodinator Daerah OMG Sumba Barat, Irvan Sidin mengatakan pelatihan berfokus pada pemberian keterampilan dasar dalam membuat tenun, serta teknik-teknik yang diperlukan untuk menciptakan karya yang berkualitas.

"Kami mengadakan pelatihan tenun tingkat pemula untuk anak muda agar memiliki kreativitas. Mereka juga bisa mengembangkan apa-apa yang ada dan meneruskan warisan leluhur yang memang harus dipertahankan," kata dia dalam siaran persnya, Minggu (25/6).

Menurut Irvan, kegiatan ini merupakan kesempatan emas untuk belajar dan meningkatkan keterampilan dalam bidang tenun, yang merupakan warisan budaya yang berharga bagi daerah mereka.

Pelatihan ini juga dapat membantu masyarakat khususnya anak muda agar menjadi ahli dalam merajut tenun, sehingga hasil kerajinan mereka bisa digunakan dan bahkan diperjualbelikan.

"Sehingga ekonomi saat ini bisa terus berjalan, tidak hanya mengharapkan ekonomi dari pertanian maupun dari perdagangan, kami bisa meningkatkan kreativitas khususnya anak muda," ujar dia.

Irvan mengatakan pelatihan ini sebagai upaya untuk mendukung dan mempromosikan industri tenun di wilayah tersebut. Tenun dari Kabupaten Sumba Barat terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Dengan mengajarkan keterampilan tenun kepada masyarakat, sukarelawan Ganjar Pranowo itu berharap dapat mempertahankan dan meningkatkan keahlian lokal ini.

Sukarelawan Orang Muda Ganjar mengadakan pelatihan tenun bersama para pemuda yang ada di Sumba Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News