Orang Parpol Harus Buktikan Diri Independen

Tak Mau Sampai Ada Tekanan Pemerintah

Orang Parpol Harus Buktikan Diri Independen
Orang Parpol Harus Buktikan Diri Independen
JAKARTA - Dibukanya keran kesempatan bagi orang partai politik untuk masuk dalam seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilihan Umum, menjadi perhatian tersendiri bagi Tim Seleksi (timsel). Anggota Timsel Calon Anggota KPU dan Bawaslu Saldi Isra menyatakan, saat ini tengah dipersiapkan instrumen untuk menjaring calon anggota penyelenggara pemilu yang memiliki latar belakang partisan.

"Kami juga akan mempunyai instrumen terkait seleksi, sedang dipersiapkan," ujar Saldi Isra, anggota Timsel Calon Anggota KPU dan Bawaslu di Jakarta, kemarin (18/12). Terhitung sejak Kamis (15/12) lalu, Timsel KPU resmi membuka pendaftaran calon anggota KPU dan Bawaslu. Pendaftaran akan ditutup pada 5 Januari 2012.

Menurut Saldi dengan ketentuan UU Penyelenggara Pemilu baru, Timsel KPU tentunya memberi kesempatan seluas-luasnya kepada orang parpol untuk mendaftarkan diri. Sesuai ketentuan UU No.15 tahun 2011 itu, orang parpol wajib mengundurkan diri saat mendaftarkan diri sebagai calon anggota KPU dan Bawaslu.

Terhadap orang dari parpol, kata Saldi, tentu juga harus memenuhi syarat sebagaimana orang non parpol. Independensi orang dari parpol harus diuji terlebih dahulu. "Kalaupun orang partai harus ada kepastian bahwa mereka independen, itu yang dicari," ujar Saldi.

JAKARTA - Dibukanya keran kesempatan bagi orang partai politik untuk masuk dalam seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilihan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News