Orang Tua Harus Jeli Lihat Potensi Anak

Orang Tua Harus Jeli Lihat Potensi Anak
Psikolog Anna Surti (kanan) bersama Astrid menemani anak-anak bermain di Festival Sahabat Generasi Maju

jpnn.com, SURABAYA - Setiap anak dilahirkan berbeda. Masing-masing memiliki bakat dan potensi. Sebagai orang tua, sudah seharusnya jeli dan memberi perhatian lebih pada potensi anak di masa tumbuh kembangnya. Hal itu yang dikatakan Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani saat menjadi pembicara, di Festival Sahabat Generasi Maju yang diselenggarakan di Area Parkir Timur Plaza Surabaya kemarin (22/7).

”Ada lima potensi prestasi bagi putra-putri kita agar jadi generasi maju. Yaitu, cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, super, mandiri, serta percaya diri,” katanya.

Untuk menggali lima potensi itu, orang tua wajib memperhatikan lima aspek tumbuh kembang anak. Yakni aspek fisik, kognitif, emosi, Bahasa, dan sosial. ”Ayah Bunda dan lingkungan sekitar lah yang menstimulus lima potensi itu. Karena, kelimanya tidak tumbuh secara instan, tetapi harus dikembangkan sejak dini,” kata perempuan ramah itu.

Festival Sahabat Generasi Maju adalah sebuah event yang diadakan oleh salah satu produsen susu untuk memperingati Hari Anak Nasional. Selain Surabaya, acara serupa juga diselenggarakan di Jogjakarta, Medan, Bandung, dan puncaknya di Jakarta pada 27 – 29 Juli mendatang.

Menurut Marketing Manager SGM Eksplor Astrid Prasetyo, tujuan acara ini adalah untuk mengajak orang tua merayakan dan mendukung potensi anak. ”Salah satunya dengan mengupload cerita dan foto tentang potensi anak lewat akun Facebook. Nantinya akan ada hadiah beasiswa total Rp 1 Miliar untuk 40 pemenang.

”Dari situ kami harapkan orang tua bisa mengasah potensi cerdas kreatif serta tumbuh tinggi dan kuat si anak melalui beragam kegiatan seperti lomba mewarnai, olahraga, dan permainan edukatif. (JPNN/pda)


Untuk menggali lima potensi itu, orang tua wajib memperhatikan lima aspek tumbuh kembang anak. Yakni aspek fisik, kognitif, emosi, Bahasa, dan sosial


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News