Oso Ingatkan Warga Kalbar Berterima Kasih ke TNI-Polri

Oso Ingatkan Warga Kalbar Berterima Kasih ke TNI-Polri
Ketua DPD Oesman Sapta (kemeja putih), Kapolri Jenderal Tito Karnavian (paling kanan), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Pj Gubernur Kalbar Doddy Doddy Riyadmadji (berbatik) di Kubu Raya, (27/4). Foto: Kusdharmadi/JPNN

jpnn.com, KUBU RAYA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang mengapresiasi perhatian pemerintah, TNI dan Polri terhadap  kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia, khususnya di Kalimantan Barat (Kalbar). 

Oso -panggilan akrabnya- menyatakan, TNI dan Polri bukan hanya menjaga keamanan dan pertahanan di wilayah perbatasan, tetapi juga memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat di kawasan garda terdepan Indonesia itu.

"Mereka juga membantu masyarakat, terutama guru-guru yang harus menempuh jarak jauh dan terlambat datang, bisa diambil alih oleh prajurit TNI untuk mengajar murid-murid," kata Oso di Pangkalan Udara Supadio, Kubu Raya, Kalbar, Jumat (27/4).

Sebelumnya Oso bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Penjabat Gubernur Kalbar Doddy Riyadmadji meninjau wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia di Entikong, Sanggau, Aruk, Sajingan dan Sambas. Oso menegaskan bahwa masyarakat Kalbar harus berterima kasih juga kepada TNI dan Polri.

Menurutnya, peran TNI dan Polri sangat besar dalam menjaga perbatasan, termasuk memberikan bantuan kepada masyarakat.  "Masyarakat Kalbar harus berterima kasih dengan adanya TNI Polri, mudah-mudahan kesejahteraan rakyat bisa tercapai," ujar senator yang juga putra daerah asal Kalbar. 

Dia menegaskan, daerah-daerah harus dimakmurkan. Sebab, kemakmuran Indonesia akan tercapai jika daerah bisa makmur terlebih dahulu.

"Nah, bila daerah perbatasan lebih dulu makmur, maka ada kemakmuran di daerah-daerah," ungkap wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu.

Sedangkan Marsekal Hadi mengatakan, TNI dan Polri selain menjaga pertahanan dan keamanan juga melaksanakan pembinaan terhadap masyarakat di perbatasan. Misalnya, memberikan layanan pendidikan seperti yang sudah dilaksanakan oleh jajaran Kodam XII/Tanjungpura maupun Korem 121/ABW.

Ketua DPD Oesman Sapta Odang mengapresiasi perhatian pemerintah, TNI dan Polri terhadap kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia, khususnya di Kalimantan Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News