Otorita IKN Ajak Semua Pihak Reforestasi Lahan di Sekitar Ibu Kota

Otorita IKN Ajak Semua Pihak Reforestasi Lahan di Sekitar Ibu Kota
Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN Nusantara Myrna Asnawati Safitri mengajak seluruh pihak untuk memulihkan lingkungan. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN Nusantara Myrna Asnawati Safitri mengajak seluruh pihak untuk memulihkan lingkungan yang saat ini banyak terdegradasi dengan reforestasi di Kota Hutan IKN Nusantara.

Adapun reforestasi adalah penanaman kembali lahan-lahan yang ada.

Menurutnya, gerakan reforestasi menjadi momen penting sebagai bentuk kolaborasi seluruh pihak.

“Gerakan menanam ini sekaligus bagian dari upaya partisipasi masyarakat dalam pengendalian perubahan iklim serta revitalisasi keanekaragaman hayati hutan tropis Kalimantan,” kata Myrna dalam konferensi pers kegiatan kolaborasi ‘Green Movement: Sabuk Hijau Nusantara’ di Jakarta, Selasa (12/9).

Salah satu dukungan reforestasi adalah kolaborasi Katadata Green, Benih Baik, dan Jejakin yang menginisiasi gerakan kolaboratif penanaman 10 ribu pohon dan pemberdayaan masyarakat di kawasan penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Gerakan bernama ‘Green Movement: Sabuk Hijau Nusantara’ ini mengajak keterlibatan seluruh pihak, baik perusahaan dan masyarakat melalui pengumpulan donasi.

Program ini akan dimulai di Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

Sebagai wajah baru Indonesia, IKN Nusantara menjadi kawasan yang penting untuk dijaga kelestariannya. Kegiatan ini juga menyelaraskan tujuan IKN Nusantara sebagai smart forest city yang berkelanjutan dan menjadi bagian penting bagi pembangunan ekonomi tanah air.

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN Nusantara Myrna Asnawati Safitri mengajak seluruh pihak untuk memulihkan lingkungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News