Oyee.. Anggaran Dana Desa 2016 Naik Drastis

Oyee.. Anggaran Dana Desa 2016 Naik Drastis
tjahjo kumolo / jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta jajarannya memonitor secara maksimal penyerapan dana desa yang hingga saat ini masih sangat rendah. Padahal, tahun anggaran 2015 akan segera berakhir.

"Karena tahun depan meningkat Rp 40,8 triliun (tahun ini Rp 20,7 triliun,red) anggaran yang langsung disalurkan ke desa. Sekarang ini (penyerapan,red) belum mencapai 40 persen," ujar Tjahjo, Senin (28/9).

Menurut mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini, monitoring perlu dilakukan secara cermat. Dengan begitu, penyerapan dana desa bisa lebih optimal sehingga pertumbuhan ekonomi di desa bisa berjalan lebih baik.

"Ini harus dioptimalkan sehingga penyerapan anggaran desa segera bergerak, agar pertumbuhan di desa bisa berjalan baik," ujar Tjahjo.

Selain dana desa, penyerapan anggaran di Kemendagri juga masih memprihatinkan. Yakni di Direktorat Jenderal ‎(Ditjen) Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bina Pembangunan Desa, maupun Badan Pendidikan dan Pelatihan.

"Dari lapangan sudah disebutkan penyerapannya siap di atas 80 persen. Kalau tidak, saya khwatir tahun depan dikurangi. Yang penting hal-hal bersifat rutin harus dihilangkan. Beberapa program dibagi, tidak harus dikerjakan di Jakarta," ujar Tjahjo.(gir/jpnn)‎


JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta jajarannya memonitor secara maksimal penyerapan dana desa yang hingga saat ini masih


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News