P-TALI Gelar Munas, Bahas Isu Lingkungan Terkini

P-TALI Gelar Munas, Bahas Isu Lingkungan Terkini
Suasana Munas ke-2 P-TALI di Jakarta, 21-22 Januari 2022. Foto: dok P-TALI

jpnn.com, JAKARTA - Perkumpulan Forum Tenaga Ahli Lingkungan (P-TALI) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-2 di Jakarta, 21-22 Januari 2022.

Pada munas tersebut, selain digelar seminar nasional dengan isu terkini mengenai lingkungan, juga mengesahkan terpilihnya kembali Budiyono sebagai Ketua Umum P-TALI periode 2022-2027.

Munas ke-2 P-TALI dibuka oleh Staf Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Tasdianto Rohadi dan menghadirkan sejumlah pembicara dari para ahli dari berbagai lembaga atau instansi.

Di antaranya Pakar Konservasi P-TALI Prof. Dr. Hadi S. Alikodra berbicara tentang Perubahan Iklim dan Bioprospeksi, dan Ketua LPJK Ir. Taufik Wijoyono berbicara tentang Kesempatan partisipasi organisasi profesi dalam peningkatan kapasitas tenaga ahli lingkungan melalui pelatihan dan sertifikasi.

Kemudian Pakar Sanitasi PTALI Dr. Eddy S.Soedjono, Ph.D berbicara tentang Promosi Kesehatan dan sanitasi Lingkungan, Peluang dan Tantangan, Direktur Irigasi Kementerian Pertanian, Dirjen Prasarana dan Sarana, Kementerian Pertanian, Ir. Rahmanto M.Sc berbicara tentang Pertanian Berkelanjutan, Dewan Penasehat P-TALI Ir. Nunus Nugroho, MM berbicara tentang Program Pemberdayaan Perkotaan Melalui Sarana Air Bersih dan Pengendalian Pencemaran air Limbah Industri.

Selain itu, juga hadir Ir. Gunawan Wibisana, M.SP., M.M., LRPS., PSA., IAP. Eskapindo Matra berbicara tentang Pengembangan Sarana Prasarana Destinasi Wisata Alam (ecotourist) dan Agung Kurniawan Eksekutif Direktur CropLife Indonesia berbicara tentang Upaya Mewujudkan Corporate Responsibility di bidang Lingkungan.

Dalam sesi presentasi CropLife Indonesia, Agung Kurniawan menyampaikan ucapan selamat atas pelaksanaan kegiatan Munas dan Seminar Nasional serta harapan agar kerja sama yang telah terbangun dapat makin solid dalam kaitan sinergi kegiatan yang berkesinambungan, mengingat pentingnya membangun pertanian yang sejalan dengan pengelolaan lingkungan di masa yang akan datang.

"Tema Munas P-Tali 2022 Kebijakan Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan dalam Mendukung Pembangunan Nasional yang Berkelanjutan sejalan dgn komitmen CropLife Indonesia dalam pengembangan dan pembangunan berkelanjutan dan pengelolaan lingkungan dalam perspektif pertanian, di mana sektor pertanian berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan sektor ril lainnya di Indonesia," ujar Agung.

Perkumpulan Forum Tenaga Ahli Lingkungan (P-TALI) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-2 di Jakarta, 21-22 Januari 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News