Rabu, 19 Desember 2018 – 10:29 WIB

Keren! P3E Bali Nusra, Kantor yang Terapkan Eco Office

Sabtu, 08 Desember 2018 – 04:10 WIB
Keren! P3E Bali Nusra, Kantor yang Terapkan Eco Office - JPNN.COM

jpnn.com, DENPASAR - Pemerintah saat ini sedang gencar menjalankan berbagai program yang ramah lingkungan untuk menjaga alam keberlanjutan. Hal ini pun ditunjukkan secara nyata oleh Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali-Nusa Tenggara di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (P3E Bali Nusra).

P3E Bali Nusra ini telah bertahun-tahun menjalankan program Eco Office atau Kantor Peduli Lingkungan, yaitu kantor yang menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan hidup dalam aktivitas di dalamnya.

Bagaimana caranya menjalan Eco Office ini? Kepala P3E Rijaluzzaman sebagai pemerkasa Eco Office mengatakan, kantornya melakukan ini dengan berpedoman pada JICA. Di antaranya efisiensi listrik, efisiensi air bersih, peningkatan luas area hijau baik di indoor maupun outdoor.

Kepala P3E Rijaluzzaman

Kemudian pengurangan penggunaan plastik, pemilahan sampah organik dan anorganik. Penghematan kertas, pembuatan lubang resapan biopori dan penggunaan Vi-Gas pada kendaraan dinas.

Terakhir penyediaan TPS B3 dan limbah B3. "Ini sudah kami lakukan bertahun-tahun untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman, juga meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan sumber daya air, bahan bakar dan listrik. Kita meminta masyarakat menjalankan eco office dan ramah lingkungan, maka kita harus memulainya lebih dulu dan menunjukan contohnya," kata Rijaluzzaman yang akrab disapa Rijal itu pada JPNN.

Usaha Rijal untuk mengajak jajarannya melakukan aktivitas Eco Office tidak sia-sia berbagai hal kecil dengan dampak besar itu perlahan diterapkan di kantornya hingga menjadi kebiasaan rutin di keseharian. 

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar