Keren! P3E Bali Nusra, Kantor yang Terapkan Eco Office

Keren! P3E Bali Nusra, Kantor yang Terapkan Eco Office
Kantor P3E Bali Nusra yang ditanami berbagai jenis tanaman di halamannya. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, DENPASAR - Pemerintah saat ini sedang gencar menjalankan berbagai program yang ramah lingkungan untuk menjaga alam keberlanjutan. Hal ini pun ditunjukkan secara nyata oleh Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali-Nusa Tenggara di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (P3E Bali Nusra).

P3E Bali Nusra ini telah bertahun-tahun menjalankan program Eco Office atau Kantor Peduli Lingkungan, yaitu kantor yang menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan hidup dalam aktivitas di dalamnya.

Bagaimana caranya menjalan Eco Office ini? Kepala P3E Rijaluzzaman sebagai pemerkasa Eco Office mengatakan, kantornya melakukan ini dengan berpedoman pada JICA. Di antaranya efisiensi listrik, efisiensi air bersih, peningkatan luas area hijau baik di indoor maupun outdoor.

Keren! P3E Bali Nusra, Kantor yang Terapkan Eco Office

Kepala P3E Rijaluzzaman

Kemudian pengurangan penggunaan plastik, pemilahan sampah organik dan anorganik. Penghematan kertas, pembuatan lubang resapan biopori dan penggunaan Vi-Gas pada kendaraan dinas.

Terakhir penyediaan TPS B3 dan limbah B3. "Ini sudah kami lakukan bertahun-tahun untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman, juga meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan sumber daya air, bahan bakar dan listrik. Kita meminta masyarakat menjalankan eco office dan ramah lingkungan, maka kita harus memulainya lebih dulu dan menunjukan contohnya," kata Rijaluzzaman yang akrab disapa Rijal itu pada JPNN.

Usaha Rijal untuk mengajak jajarannya melakukan aktivitas Eco Office tidak sia-sia berbagai hal kecil dengan dampak besar itu perlahan diterapkan di kantornya hingga menjadi kebiasaan rutin di keseharian. 

Kantor P3E Bali Nusra menjalankan konsep eco office di mana mengurangi penggunaan kertas dengan memanfaatkan email serta ganti AC dengan kipas angin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News