Pabrik Gula Langsung Masuki Pasar Ritel

Pabrik Gula Langsung Masuki Pasar Ritel
Ilustrasi gula di pasar retail. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com - PG Pesantren Baru yang berada di bawah PT Perkebunan Nusantara X mencoba cara lain dalam memasarkan produk gula Kristal putih. Yakni melalui ekspansi langsung ke pasar ritel modern.

Direktur Operasional PTPN X Mustaqim menuturkan, gula tersebut dipasarkan dalam kemasan 1 kg. Hingga sekarang, sudah ada 5 ton gula kemasan 1 kg yang siap dipasarkan. Selain kemasan 1 kg, tersedia kemasan stick pack 8 gram. Pemasarannya menggunakan merek dagang Dasa Manis.

Pihaknya siap memperbanyak jumlah gula kemasan ritel. Yakni, dengan membeli dua mesin kemasan dengan nilai investasi mencapai Rp 2,7 miliar pada 2018. Kapasitas produksi mesin tersebut sebesar 15 ton per hari. "Harapannya, pada musim giling tahun ini bisa memproduksi gula kemasan 1 kg sebanyak 1.200 ton," lanjutnya.

Gula kemasan ritel itu dipasarkan melalui beberapa jalur. Untuk ritel modern langsung, PTPN X bekerja sama dengan Superindo, Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) yang merupakan anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara, serta Koperasi Karyawan (Kopkar) PTPN X. "Kami akan perluas jaringan pemasaran ritel," ucapnya. Mulai ritel modern, pasar tradisional, hingga e-commerce.

Direktur Utama PTPN X Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan, gula Dasa Manis memiliki ICUMSA atau kadar keputihan maksimal 200 IU. Kadar tersebut sesuai dengan standar SNI kualitas I. Selain sesuai SNI, gula itu memiliki nomor izin edar (NIE) dari BPOM dan sertifikasi halal dari MUI. ''Harapan kami, Dasa Manis bisa mendorong daya saing dan profitabilitas perusahaan serta dapat memenuhi kebutuhan gula di kalangan konsumen atau end user,'' jelasnya. (res/c20/fal)

Selain kemasan 1 kg, tersedia kemasan stick pack 8 gram. Pemasarannya menggunakan merek dagang Dasa Manis


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News