Pacu Ekspor Produk Dalam Negeri, Bea Cukai Intensifkan Diskusi, Termasuk dengan Gibran

Pacu Ekspor Produk Dalam Negeri, Bea Cukai Intensifkan Diskusi, Termasuk dengan Gibran
Bea Cukai terus memacu geliat ekspor produk dalam negeri. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menggelar diskusi bersama instansi dan pemerintah daerah (pemda) di berbagai wilayah, salah satunya dengan Wali Kota terpilih Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Ini merupakan upaya Bea Cukai memacu geliat ekspor produk dalam negeri.

Bea Cukai Surakarta bersama Bea Cukai Wilayah Jawa Tengah dan DIY menggelar rakor untuk mewujudkan Rumah Solusi Ekspor (RSE) dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), Kanwil Pajak Jawa Tengah II, serta Wali Kota terpilih Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY Tri Wikanto menyampaikan bahwa pembangunan RSE ini merupakan kolaborasi Kementerian Keuangan dengan special mission vehicle-nya yaitu LPEI, dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN). 

“Pembangunan RSE ini diharapkan dapat mengembangkan potensi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM) berpotensi ekspor yang ada di Solo Raya pada khususnya dan provinsi Jawa Tengah pada umumnya untuk menjangkau pasar global," katanya.

Ia berharap RSE ini menjadi tempat rendezvous bagi para pengusaha UMKM dan IKM yang berorientasi ekspor.

Gibran Rakabuming Raka menyambut baik inisiatif RSE. “Kami akan mendukung penuh pendirian RSE ini," kata Gibran.

Putra Presiden Jokowi ini berjanji akan segera mendata UMKM berpotensi ekspor agar mau belajar di RSE tersebut.

Bea Cukai yang terus memacu geliat ekspor produk dalam negeri, berdiskusi dengan Wali Kota terpilih Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News