Pacu Regenerasi Petani di Kalimantan Selatan, SMKPP Kementan Andalkan PWMP

Pacu Regenerasi Petani di Kalimantan Selatan, SMKPP Kementan Andalkan PWMP
Kegiatan Socialization And Coordination Of Improved PWMP 2023 yang dikhususkan bagi praktisi, mentor, dan pembimbing PWMP SMK-PP Negeri Banjarbaru dilaksanakan selama tiga hari, terhitung Kamis (19/01) di Hotel Rattan In, Banjarmasin. Foto: Kementan

jpnn.com, BANJARBARU - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mewujudkan komitmen pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

Salah satu upayanya melalui program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP). Kementan selalu berupaya menghadirkan banyak petani milenial.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan peran petani milenial dalam pengelolaan pertanian saat ini.

“Pertanian yang dibutuhkan saat ini adalah pertanian yang efektif, efisien dan transparan. Hal itu bisa dilakukan melalui petani milenial yang modern.

Modern itu berarti di dalamnya kita bicara SDM. Bagaimana mau cepat kalau masih pakai kendaraan kemarin. Bagaimana mau maju kalau ilmunya, teknologinya, mekanisasinya masih seperti yang kemarin,” tutur Syahrul.

Pada kesempatan tepisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi menambahkan guna mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri dan modern, penyiapan serta pencetakan SDM pertanian unggulan perlu dilakukan.

Melalui institusi pendidikan vokasi yang dimiliki, Kementan akan melahirkan SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian dan pengusaha pertanian milenial yang andal, kreatif, inovatif, profesional, dan mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin.

“Pengusaha pertanian milenial diharapkan mampu menjadi resonansi, penggebuk tenaga muda di sekitarnya untuk menjadi SDM pertanian unggulan yang mampu menggenjot pembangunan pertanian menjadi pertanian maju, mandiri, dan modern,” tutur Dedi.

SMKPP Kementan andalkan PWMP untuk memacu regenerasi petani di Kalimantan Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News